Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Kemampuan Memahami Materi Persamaan Linear Dua Variabel
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i2.1158Keywords:
Pembelajaran Daring, Kemampuan Memahami MateriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran daring terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi persamaan linear dua variabel siswa di kelas VII SMP Kristen Ranotongkor. Hipotesis penelitian ini Terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap kemampuan memahami materi sistem persamaan linear dua variabel. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 di SMP Kristen Ranotongkor. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes. Teknik analisis data dari hasil tes kemampuan memahami materi menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan uji statistic menggunakan uji-t pada taraf 5% (α = 0,05). Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data t didapat thitung = -1,287 dan untuk nilai t(tabel) = t(0,05, 22) = 1,717. Karena thitung ≤ ttabel yaitu -1,287 ≤ 1,717, maka terima H1 dan tolak H0. Sehingga dapat disumpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kecil pembelajaran daring terhadap kemampuan memahami materi sistem persamaan linear dua variabel. Nilai rata-rata dari hasil tes kemampuan memahami materi sistem persamaan linear dua variabel adalah 61,70.