Hubungan Kemampuan Awal dan Kemampuan Numerik dengan Hasil Belajar Materi Aritmetika Sosial
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i2.1217Keywords:
Kemampuan Awal, Kemampuan Numerik, Hasil Belajar, Aritmatika SosialAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kemampuan awal dengan hasil belajar materi aritmetika sosial, hubungan kemampuan numerik dengan hasil belajar materi aritmeika sosial,hubungan kemampuan awal dan kemampuan numerik dengan hasil belajar materi aritmetika sosial. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian korelasional dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tondano, tahun ajaran 2019/2020 semester genap yang berjumlah 87 siswa. Analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi melalui aplikasi perangkat lunak spss versi 25.0. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kemampuan awal dengan hasil belajar materi aritmetika sosial.Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar materi aritmetika sosial. Hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kemampuan awal dan kemampuan numerik dengan hasil belajar materi aritmetika sosial di SMP Negeri 2 Tondano.