Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray pada Pembelajaran Operasi Aljabar di SMP Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i1.1326Keywords:
Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Operasi Aljabar. Desain eksperimen jenis posstest yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only control design. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan simple random sampling (teknik acak sederhana). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIC sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 24 siswa dan siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 23 siswa di SMP Negeri 2 Kakas. Data diperoleh dari hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 80.04 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol 59.22. Uji normalitas data terpenuhi sehingga data-data tersebut berdistribusi normal. Pada hasil analisis data dengan taraf nyata 0.05 diperoleh
. sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray lebih dari rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung sehingga baik diterapkan pada proses kegiatan belajar mengajar.