Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dan Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i1.1524Keywords:
Numbered Heads Together, Teams Games Tournament, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Numbered Heads Together< em> dan Teams Games Tournament< em> terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi perkalian bentuk aljabar Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain Posttes Only Control Group Design< em> Subjek dari penelitian ini adalah kelas VII A dan VII B SMP Negeri 2 Tahuna tahun ajaran 2019 2020 dimana kelas VII A adalah kelas ekperimen 2 dan kelas VII B adalah kelas ekperimen 1 Data yang diperoleh adalah hasil belajar posttes kelas ekperimen 1 dan kelas ekperimen 2 dengan rata rata hasil belajar kelas ekperimen 1 = 86 48 dan rata rata kelas ekperimen 2 = 79 40 Pengujian data setelah menggunakan taraf nyata = 0 05 diperoleh thitung< sub> = 36318 dan ttabel< sub> = 2 011 Jadi thitung< sub> = 3 6318 gt; ttabel< sub> = 2 011 dan disimpulkan H0< sub> ditolak Kesimpulan penelitian adalah adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament< em> dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together< em> Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament< em> lebih tinggi dari pada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together< em> < p>
