Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Pengguna Model Probing Promting Learning dengan Pembelajaran Langsung
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i2.3202Keywords:
Hasil Belajar, Probing Promting Learning, Pembelajaran LangsungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pengguna model probing promting learning dengan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Madinatul Ulum Tahun Pelajaran 2020/2021. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes dan instrumenya berupa soal tes. Metode analisis data dilakukan mengguakan t-tes dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu besarnya t hitung t tabel atau p-value 0,020 0,05 maka H1 diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pengguna model probing promting learning dengan pembelajaran langsung. Dimana rata-rata hasil belajar matematika siswa pengguna model probing promting learning lebih tinggi.