Kolaborasi Realistics Mathematics Education (RME) dan Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

  • Fury S. Siskawati Universitas Islam Jember
  • Eni Y. Aningsih Universitas Islam Jember
  • Tri N. Irawati Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i1.3203

Keywords:

RME, TSTS, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui kolaborasi Realistics Mathematics Education (RME) dan Two Stay Two Stray (TSTS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Sultan Agung Puger. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Metode analisis data dilakukan menggunakan rumus persentase untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar matematika siswa. Selanjutnya hasil yang diperoleh dari kegiatan penelitian ini yaitu kolaborasi Realistics Mathematics Education (RME) dan Two Stay Two Stray (TSTS) dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar matematika elas XI IPA SMA Sultan Agung Puger pokok bahasan statistika.

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Articles