Pengaruh Pendekatan Interkoneksi Matematika Al Qur an terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VII MTs Tholabuddin
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i2.4941Keywords:
Pendekatan, Interkoneksi, Matematika Al-Qur’an, Hasil BelajarAbstract
Matematika berdasarkan studi literatur bersumber dari Al Qur an namun banyak umat islam yang belum mengetahui masih banyak pengajar yang masih menggunakan metode ceramah atau metode konvensional lainnya yang tidak menghubungkan dengan Al Qur an dan ilmu agama Agar pembelajaran menjadi lebih inovatif dan hasil belajar siswa juga meningkat maka penulis mengembangan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan yakni pendekatan interkoneksi matematika Al Qur an Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1 terdapat atau tidaknya pengaruh signifikan pendekatan interkoneksi matematika Al Quran terhadap hasil belajar siswa di kelas VII MTs Tholabuddin 2 Besar pengaruh pendekatan interkoneksi matematika Al Qur an terhadap hasil belajar siswa di kelas VII MTs Tholabuddin Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen Populasi dari penelitian ini adalah kelas VII MTs yang terdiri dari dua kelas serta mengambil sampel seluruh anggota populasi dengan menggunakan teknik sampel jenuh Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan instrument tes serta dalam tekik analisis data digunakan uji prasyarat uji hipotesis dan uji effect size < em> Data penelitian menunjukkan data yang berdistribusi normal dengan diperoleh Dmaks < sub> lt; Dtabel < sub>dengan Dmaks < sub>= 0 1977 dan Dtabel < sub>= 0 250 serta data bersifat homogen dengan diperoleh Fhitung< sub> lt; Ftabe< sub> dengan Fhitung< sub> = 1 627 dan Ftabel< sub> = 1 973 Dan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada pendekatan interkoneksi matematika Al Qur an terhadap hasil belajar siswa dengan thitung< sub> gt; ttabel< sub> yakni thitung< sub> = 3 868 dan ttabel< sub> = 2 3123 dan besar pengaruhnya sebesar 88 maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh pendekatan interkoneksi matematika Al Qur an termasuk dalam kategori baik < p>
