Peranan Watermelon Juice Cone dalam Memahami Konsep Matematis Materi Volume Bola dan Kerucut Melalui Pendekatan PMRI
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i2.5353Keywords:
Watermelon Juice Cone, Volume Bola dan Kerucut, PMRIAbstract
Dalam pembelajaran PMRI diperlukan pemahaman matematis siswa. Dengan kata lain siswa mampu memahami konsep materi secara utuh. Akan tetapi tujuan dari pembelajaran matematika sampai saat ini belum bisa terwujud dengan baik, karena masih banyak siswa yang kurang dalam penguasaan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran watermelon juice cone dalam memahami konsep matematis siswa mengenai hubungan volume bola dan kerucut melalui pendekatan PMRI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan PMRI. Subjek dalam penelitian ini yaitu pelajar berusia 13-15 tahun, sebanyak 12 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrumen LKPD dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Hubberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melalui dua aktivitas pembelajaran, yaitu pembuatan jus semangka dan menentukan hubungan antara buah semangka yang berbentuk bola dengan wadah yang berbentuk kerucut, siswa dapat memahami konsep matematis mengenai hubungan antara volume bola dan kerucut. Konsep matematis tersebut dihasilkan dari penuangan satu buah jus semangka ke dalam 4 wadah yang berbentuk kerucut., sehingga diperoleh hasil yaitu volume bola sama dengan 4 kali volume kerucut.