Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah pada Minat Baca Siswa Kelas V di MI Salafiyah Tanon
Keywords:
Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca, PelaksanaanAbstract
Gerakan Literasi Sekolah bertujuan untuk mendorong siswa untuk memiliki kebiasaan membaca. Kemendikbud menganggap program ini sebagai inovasi dalam menumbuhkankembangkan budaya literasi dan moral siswa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perencanaan, pelaksanaan, kendala dan evaluasi pelaksanaan GLS di MI Salafiyah Tanon. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, yang merupakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data termasuk wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Tarjo, 2019 yang mencakup reduksi data, triangulasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data menggunakan teknik truangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor yang menyebabkan siswa kurang tertarik untuk membaca adalah malas terus-menerus, menganggap membaca sebagai sesuatu yang membosankan, dan kurangnya pemahaman tentang pentingnya membaca buku. Melakukan sosialisasi kepada orang tua dan memperbarui saran dan prasarana membaca adalah bagian dari evaluasi yang dilakukan.
References
Achmat Mubarok & Syafa’atul Islamia. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis Pada Pembelajaran PAI. Jurnal Mu’allim, 4(2).
Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd Gugus Ii Kuta Utara. 2.
Annas, A. N., & Mas, S. R. (2022). Program Penguatan Pendidikan Karakter pada Sekolah Boarding (Studi Multikasus di MA Al-Huda Gorontalo). 6.
Dharma, K. B. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.
Faradina, N. (2022.). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten.
Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 371.
Hayun, M., & Haryati, T. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa Sd Lab School FIP UMJ. 4.
Jalaludin, J. (2021). Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Literasiologi, 7(1).
Maulida, H., & Makhtuna, W. (2023). Analisis Minat Baca Mahasiswa STKIP PGRI Banjarmasin. 12(1).
Ngurah Suragangga, I. M. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154.
Putri, S. K., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Urgensi Program Gerakan Literasi (GLS ) Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar.
Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.