Persepsi Publik Pada Flexing Marketing Owner Skincare Lokal di Platform Tiktok
Keywords:
Consumer Behaviour Flexing Marketing, Social Media, Viral MarketingAbstract
Flexing marketing merupakan taktik pemasaran yang banyak digunakan saat ini. Teknik pemasaran ini menawarkan cara mudah bagi pelakunya untuk mendapatkan sorotan dan dikenal dengan cepat oleh masyarakat. Penelitian ini juga menemukan bahwa flexing marketing berkaitan dengan viral marketing yang banyak digunakan oleh merek-merek besar maupun kecil. Pada penelitian ini, budaya pamer kemewahan juga erat kaitannya dengan sisi kognitif individu yang membuat mereka tertarik pada barang-barang mewah dan kehidupan glamor para influencer dan content creator. Meskipun tidak menjamin akan membuat khalayak menjadi konsumen, penelitian kualitatif melalui berbagai jenis teknik pengumpulan data ini menunjukkan beberapa efek spesifik. Alasan pertama meneliti topik ini adalah rasa ingin tahu tentang seberapa besar peran flexing marketing yang sudah dikenal luas dalam persepsi masyarakat oleh pemilik skincare lokal Indonesia di platform TikTok. Pada bagian hasil penelitian dan pembahasan, ditemukan tiga bagian yang berperan aktif dalam fenomena flexing marketing, meliputi bagaimana taktik ini berhubungan dengan viral marketing dan beberapa temuan utama.
References
Akarsu, T., Shaikh, S., & Maity, M. (2024, September 10). Luxury value perceptions and consumer outcomes: A meta-analysis. Psychology and Marketing. Retrieved from https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/mar.22120
Akhmad, D. P., & Ahmadi, M. A. (2024, Desember). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Minat Pembelian. Jurnal Riset Manajemen, 2(4), 51-63.
Amatulli, C., Angelis, M. D., & Donato, K. (2019, December 20). An investigation on the effectiveness of hedonic versus utilitarian message appeals in luxury product communication. Psychology and Marketing, 37(4), 523-534. Retrieved from https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/mar.21320
Binus University. (2021, July 8). Implementasi Teori Belajar Sosial dalam Pandangan Albert Bandura dan Lev Vygotsky. Retrieved November 29, 2024, from BINUS University: https://pgsd.binus.ac.id/2021/07/08/implementasi-teori-belajar-sosial-dalam-pandangan-albert-bandura-dan-lev-vygotsky/
Blohm, I., Schulz, M., & Leimerster, J. M. (2024, February 12). Hedonic Signals in Crowdfunding. Business & Information Systems Engineering. Retrieved from https://link.springer.com/article/10.1007/s12599-024-00854-x#citeas
Buhori, A. (2022). Theoritical Review - Theory of Perception. Retrieved September 29, 2024, from https://repository.uinbanten.ac.id/8263/4/CHAPTER%20II.pdf
Çakirkaya, M., & Afşar, Ö. A. (2024, May 29). Bibliometric and content analysis of viral marketing in marketing literature. Cogent Business & Management, 11(1). Retrieved from https://www.tandfonline.com/doi/citedby/10.1080/23311975.2024.2364847?scroll=top&needAccess=true
Démuth, A. (2013). Perception Theories. Towarzystwo Słowaków w Polsce. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/310832124_Perception_Theories
Dilasari, Y. S., & Zubadi, H. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rabbani Store Di Kota Magelang. Magelang. Retrieved November 1, 2024
Djalal, T., Adam, A., & Kamaruddin, S. A. (2023). Masyarakat Konsumen Baudrillard. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 3(2), 255-260. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/367359688_Masyarakat_Konsumen_Baudrillard/citation/download
Duboois, D., Jung, S. J., & Ordabayeva, N. (2021, June). The Psychology Of Luxury Consumption. Current Opinion in Psychology, 39, 82-87. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S2352250X20301196
Firstiyanti, A. H. (2023, November 26). Systematic Literature Review: The Existence Of Flexing Culture As A Lifestyle For Today's Indonesian Generation Z. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(3), 72-79. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fjournal.admi.or.id%2Findex.php%2FJUSHPEN%2Farticle%2Fdownload%2F1127%2F1265%2F3731&psig=AOvVaw0KJao9ux_W41SdpOpHnz2M&ust=1729504383156000&source=images&cd=vfe&opi=89978449&ved=0CAQQn5wMahcKEwjgyP6A2JyJAxUAA
Herman. (2023, July 31). Praktik Komunikasi Flexing Publik Di Media. Jurnal Akrab Juara, 8(3), 19-28. Retrieved from http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/2137/1895
Kumara, A. R. (2019). Komunikasi Antar Pribadi. Universitas Ahmad Dahlan. Retrieved from https://eprints.uad.ac.id/41925/1/Buku%20Ajar%20Komunikasi%20Antar%20Pribadi.pdf
Limanseto, H. (2024, February 3). Hasilkan Produk Berdaya Saing Global, Industri Kosmetik Nasional Mampu Tembus Pasar Ekspor dan Turut Mendukung Penguatan Blue Economy. Retrieved September 28, 2024, from Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5626/hasilkan-produk-berdaya-saing-global-industri-kosmetik-nasional-mampu-tembus-pasar-ekspor-dan-turut-mendukung-
Meltwater. (2024, April 24). Social Media Statistics for Indonesia [Updated 2024]. Retrieved Oktober 28, 2024, from Meltwater: https://www.meltwater.com/en/blog/social-media-statistics-indonesia
Nisa, N. (2023, Maret 13). Konten Pamer Harta (Flexing) Selalu Banyak Viewers, Kok Bisa? Sosial Budaya. Retrieved from Konten Pamer Harta (Flexing) Selalu Banyak Viewers, Kok Bisa? Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Konten Pamer Harta (Flexing) Selalu Banyak Viewers, Kok Bisa?", Klik untuk baca: https://www.kompasiana.com/noviatunnisa/640dfb064addee
Nurhayati, N. P. (2020). Perceptions Of English Department Students Of Islamic University On The Use Of E-Learning In The City Of Kediri. Retrieved from https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2185
Razavi, P. S., Karakislak, I., & Hildebrand, J. (2024, January 21). German Media Discourses and Public Perceptions on Hydrogen Imports: An Energy Justice Perspective. Energy Technology. Retrieved from https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/ente.202301000
ReportLinker. (2024, March). Retrieved September 28, 2024, from Cosmetics Market Overview 2024-2028: https://www.reportlinker.com/market-report/Cosmetics/510074/Cosmetics?term=cosmetics%20industry&matchtype=b&loc_interest=&loc_physical=9072596&utm_group=standard&utm_term=cosmetics%20industry&utm_campaign=ppc&utm_source=google_ads&utm_medium=paid_ads&utm_c
Yusuf, N. Q., & Yusuf, D. U. (2024, March 28). Flexing, The Fake Rich Phenomenon. Journal of Social Research, 3(4), 1052-1061. Retrieved from https://ijsr.internationaljournallabs.com/index.php/ijsr/article/view/1998/1175
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.