PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 DOBO
Keywords:
Covid-19, Pembelajaran daring, Mata pelajaran SejarahAbstract
Pada tahun 2020 pandemi Coronavirus disease (Covid-19) menimpa seluruh negara
termasuk Indonesia mengakibatkan proses pembelajaran di sekolah mulai dari TK (Taman Kanak-
kanak) hingga PT (Perguruan Tinggi) mengalami perubahan. Untuk mengatasi penyebaran virus
tersebut, pemerintah Indonesia mengeluarkan pelbagai kebijakan termasuk kebijakan termasuk
kebijakan dalam bidang pendidikan. Salah satu kebijakan pemerintah untuk pendidikan yaitu
dikeluarkannya surat edaran tentang pembelajaran daring di era pandemi. Tujuan penelitian ini yaitu
menjelaskan persepsi, kendala dan solusi dari pembelajaran daring Mata Pelajaran Sejarah di masa
pandemic Covid-19. Penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi bagi guru agar dapat
melakukan terebosan dan inovasi dalam kegiatan pembelajran, sehingga pembelajaran daring dapat
menjadi sutau pembelajaran yang baik, menjadi lebih menarik dan juga menyenangkan. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Data-data yang diperoleh kemudian dideskripsikan dan
dijelaskan.