Pengaruh Gaya Mengajar Demonstrasi Terhadap Kemampuan Renang Gaya Punggung

Main Article Content

Nicky
Fredrik Makadada
Meike Mumekh

Abstract

Masalah yang yang ditemukan dalam penelitian ini adalah banyak peserta didik pada Saat materi renang tidak beriminat bahkan banyak yang takut untuk mengikuti materi. Banyak hal yang menyebabkan sehingga permsalahan ini muncul seperti, pemilihan metode dari seorang guru yang kurang tepat sehingga para siswa takut untuk mengikuti kegiatan pembelajaran renang. Oleh sebab itu masalah dalam penelitian  ini dapat dirumuskan pada: Apakah terdapat pengaruh metode mengajar demonstrasi terhadap kemampuan renang pada Mahasiswa Jurusan PKL FIK Unima. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen berupa metode mengajar demonstrasi. Dengan hasil analisis penelitian menggunakan uji t observasi dan uji table yang didapat dari derajad kebebasan yaitu 12+12-2 =22 dengan taraf kesalahan 5% maka dapat disimpulan bahwa penelitian tentang Metode mengajar demonstrasi diberikan selama delapan minggu dengan frekuensi tiga kali seminggu dapat meningkatkan kemampuan renang gaya punggung pada Mahasiswa Jurusan PKL FIK Unima.

Article Details

Section
Articles

References

Aresha, S. (2020). Buku Jago Renang. Tanggerang : PT Cemerlang

Asri, B. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Husein, A. (2012). Mengenal Olahraga Renang. Jakarta : PT Balai Pustaka

Juliantine, T. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: FPOK Universitas Pendidikan Indonesia.

Lipan, C., Piri, N., Pinangkaan, E. (2021). Pengaruh Gaya Mengajar Latihan Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Studi Meta Analisis. PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga. 2(1): 192-199.

Mulyanto, R. (2014). Belaiar Dan Pembelajaran Penjas. Bandung: Universitas Pendidikan lndonesia.

Rosdiani. (2013). Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Alfabeta.

Pitwanto. (2019). Belajar Renang. Yogyakarta : Deepublish CV Budi Utama.