Penerapan Pembelajaran Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP pada Materi Sistem Ekskresi Manusia

Authors

  • Fenti Mapaliey Universitas Negeri Manado
  • Ni Wayan Suriani Universitas Negeri Manado

Keywords:

hasil belajar IPA, model pembelajaran, peta konsep

Abstract

Pendidikan khususnya sekolah, harus memiliki sistem pembelajaran yang menekankan pada proses dinamis yang didasarkan pada upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Pendidikan harus mendesain pembelajarannya yang responsif dan berpusat pada siswa agar hasil belajar mereka terus meningkat. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 kegiatan dalam satu siklus penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMP N 1 Talawaan  pada kelas VIII. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengobservasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan menilai tes hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran selesai. Hasil penelitian ini proses dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran peta konsep pada materi sistem ekskresi manusia hal ini di tunjukkan pada nilai rata-rata siswa pada siklus terakhir adalah 88.46 untuk rata-rata aktivitas siswa dan 82.30 untuk rata-rata hasil belajar siswa. Dari hasil tersebut nilai yang diperoleh siswa telah mencapai kriteria ketuntasan yaitu 75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi sistem ekskresi manusia.

References

Amelia, R., Mansyur, J., & Kade, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran advance organizer dengan menggunakan peta konsep terhadap pemahaman konsep siswa kelas x di sma negeri 7 palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(2), 17-22.

Darnella, R., Syarifah, S., & Afriansyah, D. (2020). Penerapan metode concept mapping (peta konsep) dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem gerak di man 1 palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 9(1),73-86.

Husada, A., Untari, M,F,A.,& Tsalatsa, A,N. (2019). Peningkatan keterampilan berbicara dengan metode bermain peran pada siswa. Journal Of Education Action Research, 3(2), 124-130

Irfan, A., & Anzora, A. (2017). Analisis pemahaman konsep aljabar mahasiswa calon guru melalui peta konsep pada program studi pendidikan matematika universitas abulyatama aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 1(1), 1-10.

Kadir, A. (2015). Menyusun dan Menganalisis tes hasil belajar. Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Al-Ta’dib, 8(2), 70-81.

Labibah, R. M., & Ernawati, T. (2017). Pengaruh penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. NATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2), 19-25.

Mukmin, M. (2018). Penerapan strategi belajar peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar ips siswa kelas v sekolah dasar. Primary, 7(1), 149-158.

Nurani, G. S., & Khanafiyah, S. (2013). Penerapan peta konsep dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada pokok bahasan gerak lurus siswa kelas vii smp. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 2(1).

Pribadi, B. A., & Delfy, R. (2015). Implementasi strategi peta konsep (concept mapping) dalam program tutorial teknik penulisan artikel ilmiah bagi guru. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 16(2), 76-88.

Downloads

Published

2024-09-17

Issue

Section

Articles