Interpretasi Kemampuan Problem Solving dan Analisis Kimia Siswa SMA di Sulawesi Utara Menggunakan Rasch Model
Keywords:
keterampilan pemecahan masalah, analisis kimia, pembelajaran kimia abad-21, rasch model, keterampilan abad-21Abstract
Keterampilan problem solving< em> dan analisis siswa merupakan dua komponen keterampilan Abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa Dalam konteks pembelajaran kimia interpretasi kemampuan problem solving< em> membuat siswa menjadi lebih efektif dalam menganalisis data kimia membuat prediksi yang akurat dan menemukan solusi yang tepat menyelesaikan tes pada Pacu Kimia 2023 Dengan menggunakan mix method< em> kuantitatif representasi data menggunakan aplikasi Winstep dengan pemodelan Rasch dan analisis kualitatif deskriptif diperoleh interpretasi kemampuan problem solving< em> dan analisis kimia siswa SMA di Sulawesi Utara Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa peserta tes dari SMA Manado Independent School memiliki tingkat keterampilan yang ekstem tinggi dibading siswa dari SMA lainnya Studi ini menemukan bahwa faktor fasilitas sekolah adopsi kurikulum inovasi model pembelajaran media pembelajaran inovatif dan kreatif faktor internal dan eksternal siswa menjadi faktor penentu tingkat keterampilan problem solving< em> dan analisis kimia siswa SMA di Sulawesi Utara Oleh karena itu studi mendalam terhadap signifikansi faktor faktor penentu temuan hasil studi perlu dilakukan untuk mengetahui landskap pendidikan yang lebih efektif < p>
References
Astuti R T 2022 Inovasi pembelajaran kimia pasca pandemi covid 19 In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia 1 1 6 14
Aulya R A Asyhar R Yusnaidar Y 2021 Pengembangan e modul kimia berbasis pjbl stem untuk pembelajaran daring siswa sma pada materi larutan penyangga Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry 13 2 84 91
Bailey R Bergamin P Blignaut H Chahine I C de Beer J Dhakulkar A Dudu W T du Toit Brits C Fleisher S Jagals D Kriek J Mahlaba S C Mzuza M K Nuhfer E B Sebatana M J Sebotsa T Watson R Wirth K 2021 Self Directed Learning: An imperative for education in a complex society In NWU Self Directed Learning Series Vol 6
Djarwo C F Handasah R R 2022 Pengembangan media pembelajaran digital flipbook berbasis problem solving pada materi struktur atom di tingkat sekolah menengah atas JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala 7 1 42 47
Hidayatulloh R Suyono S Azizah U 2020 Analisis keterampilan pemecahan masalah siswa sma pada topik laju reaksi JPPS Jurnal Penelitian Pendidikan Sains 10 1 1899 1909
Jufriadi A Huda C Aji S D Pratiwi H Y Ayu H D 2022 Analisis keterampilan abad 21 melalui implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 7 1 39 53
Muhab S Irwanto I Allanas E Yodela E 2022 Improving students self regulation using online self regulated learning in chemistry Journal of Sustainability Science and Management 17 10 1 12
Nababan K 2024 Pembelajaran Kimia Abad 21 K Nababan Ed Sukoharjo: CV Tahta Media Group
Nababan K Krisen S 2023 Participatory action research dalam pembelajaran kimia abad 21: pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran bercirikan pck Oxygenius: Journal Of Chemistry Education 5 1 1 6
Nudin I Hidayatullah R S 2023 Analisis butir soal penilaian tengah semester mengunakan model Rasch di SMK Negeri 5 Surabaya JPTM 12 2 132 139
Redhana I W 2019 Mengembangkan Keterampilan Abad Ke 21 Dalam Pembelajaran Kimia Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 13 1 2239 2253
Septikasari R Frasandy R N 2018 Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar Tarbiyah Al Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar 8 2 107 117
Yuristia N Musdi E 2020 Analysis of early mathematical problem solving ability in mathematics learning for Junior High School student In Journal of Physics: Conference Series Vol 1554 No 1 p 012026 IOP Publishing
Zahro S F Ismono I 2021 Analisis kemampuan multirepresentasi siswa pada materi kesetimbangan kimia di masa pandemi covid 19 Chemistry Education Practice 4 1 30 39
Zubaidah S 2016 Keterampilan abad ke 21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran In Seminar Nasional Pendidikan Vol 2 No 2 pp 1 17
