Implementasi Media Pembelajaran Web-blog Model PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa
Keywords:
implementasi, web-blog, PjBL, HOTSAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IX SMP Kristen Motoling dengan memanfaatkan media pembelajaran web blog model project based learning pada mata pelajaran IPA dengan materi sistem reproduksi. Kurangnya keterampilan siswa dalam memahami, mengembangkan pemikiran, memecahkan permasalahan, dan melaksanakan project secara tidak langsung mengakibatkan rendahnya hasil belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang sangat penting bagi kehidupan siswa di era digital. Penelitian ini memanfaatkan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 20 orang siswa yang diterapkan pada dua siklus pembelajaran yang didalamnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif, hasil analisis data menggambarkan hasil belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang meningkat. Peningkatan itu tergambar dari meningkatnya ketuntasan klasikal tiap siklus yang diuji dengan soal-soal berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi, dari rata-rata 55 pada siklus I menjadi 70 pada siklus II, dan menjadi 88 pada siklus III, dengan jumlah siswa yang tuntas pada siklus I (10 orang), siklus II (14 orang), dan siklus III (19 orang). Sehingga pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi media pembelajaran web-blog model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
References
Alfrado, W. S., Rahmad, M., Syafi’i, M., & Nurliana, N. (2018). Physics learning blog development based on flipped classroom approach for grade x mipa senior high school. Jurnal Geliga Sains, 6(2), 75-84.
Annajati, S., & Wikarya, Y. (2023). Pengembangan media pembelajaran pembelajaran interaktif berbasis google slide pada materi seni rupa tiga dimensi kelas x sma negeri 8 mukomuko. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1181-1188.
Dwijayanti, N. (2021). Pembelajaran berbasis HOTS sebagai bekal generasi abad 21 di masa pandemi. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 332-336.
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International journal of educational research, 102, 1-13.
Hikmawati, H. (2022). Online learning with project based learning model to increase student hots in waves and optical courses. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2669-2675.
Jalil, A., & Shobrun, Y. (2023). Pembelajaran berbasis proyek: tinjauan filosofi pembelajaran abad 21. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 126-136.
Kartika, C. S., Sajidan, S. B. R., & Zuhdan Kun, P. (2018). The analysis of high order thinking skill (hots) on science learning using project based learning model. Proceedings of the 1st International Conference on Educational Sciences (ICES 2017) - Volume 1, pages 97-103.
Keleman, M., Rasul, M. S., & Jalaludin, N. A. (2021). Assessment of higher order thinking skills through STEM integration project-based learning for elementary level. International Journal of Social Science and Human Research, 4(04), 835-846.
Khaeruddin, K., Indarwati, S., Sukmawati, S., Hasriana, H., & Afifah, F. (2023). An analysis of students’ higher order thinking skills through the project-based learning model on science subject. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 19(1), 47-54.
Larmer, J., & Mergendoller, J. R. (2010). Seven essentials for project-based learning. Educational leadership, 68(1), 34-37.
Luchang, A. L., & Nasri, N. B. M. (2023). Project-based learning (pbl) in enhancing students' higher-order thinking skills (hots): systematic literature review. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 12(4), 1651-1679.
Marpaung, T., Hasni, U., & Pangaribuan, T. (2023). Pengembangan model project baset learning untuk menstimulasi kemampuan berpikir tingkat tinggi (hots) anak usia dini usia 5-6 tahun. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3842-3854.
Mokalu, Y. B., Paat, M., Wowor, E. C., Tumewu, W. A., & Kawuwung, F. R. (2023). Students'learning interest in the implementation of project-based learning models. SOSCIED, 6(2), 610-619.
Paat, M. (2022). Implementasi multimedia pembelajaran biologi berbasis model pbl melalui google classroom di jurusan pendidikan biologi unima. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2551-2557.
Paat, M., Kawuwung, F. R., & Mokalu, Y. B. (2021). Penerapan LKS model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi SMPN 5 Tondano. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(2), 469-476.
Paat, M., & Mokalu, Y. B. (2023). Development of web-blog-based learning media using problem-based learning model. SOSCIED, 6(2), 505-513.
Paat, M., Mokalu, Y. B., Wowor, E. C., Tumewu, W. A., & Arundaa, R. (2023). Implementasi multimedia-pembelajaran ipa biologi model pbl untuk meningkatkan hasil belajar siswa. SOSCIED, 6(1), 280-287.
Rahim, R. (2022). pelatihan dan pembuatan web blog interaktif sebagai media pembelajaran. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 1(2), 73-76.
Rahmadhon, R., Mukminin, A., & Muazza, M. (2020). Kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis tekhnologi, informasi dan komunikasi pada masa pandemi covi-19 di mis darussalam kec. jelutung kota jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 375-388.
Ramadhan, S., Mardapi, D., Prasetyo, Z. K., & Utomo, H. B. (2019). The development of an instrument to measure the higher order thinking skill in physics. European Journal of Educational Research, 8(3), 743-751.
Rati, N. W., Arnyana, I. B. P., Dantes, G. R., & Dantes, N. (2023). HOTS-oriented e-project-based learning: improving 4c skills and science learning outcome of elementary school students. International Journal of Information and Education Technology, 13(6), 959-968.
Septiana, R., & Mulyono, D. (2021). Pengembangan e-learning berbasis web-blog pada mata pelajaran matematika sd negeri 26 lubuklinggau. Linggau Journal Science Education, 1(2), 80-94.
Shanti, M. R. S., Istiyono, E., & Munadi, S. (2022). The effectiveness of learning to improve students' higher-order thinking skills. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(5), 1576-1587.
Sumarni, W., Wardani, S., Sudarmin, S., & Gupitasari, D. N. (2016). Project based learning (PBL) to improve psychomotoric skills: A classroom action research. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 157-163.
Supriatna, A., Kuswandi, S., & Sopyan, Y. (2021). Upaya meningkatkan hasil belajar ipa materi energi alternatif melalui penerapan model project based learning. Jurnal Tahsinia, 2(1), 12-25.
Tumbel, F. M., Mokosuli, Y. S., & Paat, M. (2022). Application of project based learning insect characteristics around lake tondano in entomology course. Jurnal Biologi Tropis, 22(1), 81-87.
Walid, A., Sajidan, S., Ramli, M., & Kusumah, R. G. T. (2019). Construction of the assessment concept to measure students' high order thinking skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 237-251
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yohanes Bery Mokalu, Rillya Arundaa, Fitria Claudya Lahinta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.