Pengaruh Metode Penugasan Mini Riset Melalui Pembelajaran Online Materi Listrik Statis Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Brayen Jovando Kereh Universitas Negeri Manado
  • Jovialine Albertine Rungkat Universitas Negeri Manado

Keywords:

hasil belajar, listrik statis, metode penugasan mini riset, pembelajaran online

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai dan monoton menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar dan sulit memahami materi yang diajarkan sehingga hasil belajarpun rendah. Selain itu, penggunaan metode penugasan mini riset dalam pembelajaran IPA juga masih sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penugasan mini riset melalui pembelajaran online materi listrik statis terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan rancangan penelitian randomized control group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMPN 5 Langowan, sampel penelitian adalah kelas IXA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 19 siswa dan kelas IXB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest sebelum pembelajaran dilaksanakan dan posttest setelah pembelajaran dilaksanakan. Data diambil dari rata-rata selisih skor pretest dan posttest, pada kelas eksperimen adalah 56,818 dan pada kelas kontrol adalah 50,315. Setelah diuji menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada taraf signifikan 0,05 diperoleh  = 1,684 yang berarti  ditolak. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA yang diajarkan menggunakan metode penugasan mini riset lebih tinggi dari pada hasil belajar IPA yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional.

References

Azizah, N., & Pukan, K. K. (2015). Penugasan riset mini dengan strategi metakognitif dalam pembelajaran sistem peredaran darah. Journal of Biology Education, 4(3).

Daulae A.H, Lazuardi, & Napitapulu M.A. (2018). Kajian penerapan tugas mini riset terhadap hasil belajar mahasiswa materi keanekaragaman hayati. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(1), 60-64.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Elisa D. 2019. Pengembangan suplemen bahan ajar berbasis mini riset untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap siswa berkaitan dengan rokok. Tesis. Universitas Negeri semarang

Kemendikbud. (2013). Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Diakses 15 Juni 2023, dari http: //www. bahan. sergur134. unpas.ac.id.

Leksono, S. M., Dini, S. N., & Ekanara, B. (2020). Pengaruh pembelajaran proyek mini riset terhadap kemampuan menganalisis permasalahan konservasi lingkungan. Jurnal biologi dan pembelajarannya. 15(1), 70-77.

Permari N.W.P. (2016). Pengaruh mini riset terhadap keterampilan proses sains terintegrasi siswa pada materi pencemaran lingkungan. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 13(1), 312-317.

Shamsudin, N. M., Abdullah, N., & Yaamat, N. (2013). Strategies of teaching science using an inquiry based science education (IBSE) by novice chemistry teachers. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 90, 583-592.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Ulfa A. (2019). Pengaruh metode penugasan mini riset terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Skripsi. Uin Syarif Hidayatullah.

Wenning, C. J. (2005). Levels of inquiry: Hierarchies of pedagogical practices and inquiry processes. Journal of physics teacher education online, 2(3), 3-11.

Wiyono B.H., Budhi W. (2018). Pengaruh metode pembelajaran ctl terhadap hasil belajar ipa siswa kelas viii di tinjau dari kemampuan berkomunikasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11-18.

Downloads

Published

2024-09-17

Issue

Section

Articles