Pengaruh Metode Penugasan Mini Riset Melalui Pembelajaran Online Materi Listrik Statis Terhadap Hasil Belajar IPA
Keywords:
hasil belajar, listrik statis, metode penugasan mini riset, pembelajaran onlineAbstract
Penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai dan monoton menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar dan sulit memahami materi yang diajarkan sehingga hasil belajarpun rendah Selain itu penggunaan metode penugasan mini riset dalam pembelajaran IPA juga masih sangat kurang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penugasan mini riset melalui pembelajaran online< em> materi listrik statis terhadap hasil belajar IPA Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan rancangan penelitian randomized control group pretest posttest design < em>Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMPN 5 Langowan sampel penelitian adalah kelas IXA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 19 siswa dan kelas IXB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest< em> sebelum pembelajaran dilaksanakan dan posttest< em> setelah pembelajaran dilaksanakan Data diambil dari rata rata selisih skor pretes< em>t dan posttest< em> pada kelas eksperimen adalah 56 818 dan pada kelas kontrol adalah 50 315 Setelah diuji menggunakan uji perbedaan dua rata rata pada taraf signifikan 0 05 diperoleh nbsp;= 1 684 yang berarti nbsp;ditolak Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA yang diajarkan menggunakan metode penugasan mini riset lebih tinggi dari pada hasil belajar IPA yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional < p>
References
Azizah N Pukan K K 2015 Penugasan riset mini dengan strategi metakognitif dalam pembelajaran sistem peredaran darah Journal of Biology Education 4 3
Daulae A H Lazuardi Napitapulu M A 2018 Kajian penerapan tugas mini riset terhadap hasil belajar mahasiswa materi keanekaragaman hayati Jurnal Pelita Pendidikan 6 1 60 64
Dewi W A F 2020 Dampak covid 19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2 1 55 61
Elisa D 2019 Pengembangan suplemen bahan ajar berbasis mini riset untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap siswa berkaitan dengan rokok Tesis Universitas Negeri semarang
Kemendikbud 2013 Model pembelajaran berbasis proyek project based learning Diakses 15 Juni 2023 dari http: www bahan sergur134 unpas ac id
Leksono S M Dini S N Ekanara B 2020 Pengaruh pembelajaran proyek mini riset terhadap kemampuan menganalisis permasalahan konservasi lingkungan Jurnal biologi dan pembelajarannya 15 1 70 77
Permari N W P 2016 Pengaruh mini riset terhadap keterampilan proses sains terintegrasi siswa pada materi pencemaran lingkungan In Proceeding Biology Education Conference: Biology Science Enviromental and Learning 13 1 312 317
Shamsudin N M Abdullah N Yaamat N 2013 Strategies of teaching science using an inquiry based science education IBSE by novice chemistry teachers Procedia Social and Behavioral Sciences 90 583 592
Sugiyono 2012 Metode penelitian pendidikan kuantitatif kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Sugiyono 2014 Metode penelitian pendidikan kuantitatif kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Ulfa A 2019 Pengaruh metode penugasan mini riset terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Skripsi Uin Syarif Hidayatullah
Wenning C J 2005 Levels of inquiry: Hierarchies of pedagogical practices and inquiry processes Journal of physics teacher education online 2 3 3 11
Wiyono B H Budhi W 2018 Pengaruh metode pembelajaran ctl terhadap hasil belajar ipa siswa kelas viii di tinjau dari kemampuan berkomunikasi Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 5 1 11 18
