Peluang dan Tantangan Penggunaan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK Pada Materi Kimia Bagi Generasi Z di Era Society 5.0

Authors

  • Desire Atna Sridanty Rumondor Universitas Negeri Manado
  • Jakub Saddam Akbar Universitas Negeri Manado
  • Fransiska Harahap Universitas Negeri Manado
  • Djakariah Djakariah Universitas Negeri Cendana

Keywords:

TPACK, pembelajaran kimia, era society 5.0

Abstract

Penelitian ini bertujuan menginvestigasi peluang dan tantangan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis TPACK pada materi kimia bagi generasi Z dalam konteks era society 5.0. Dalam penelitian ini, dilakukan identifikasi, analisis, evaluasi, dan interpretasi riset terkait penggunaan perangkat pembelajaran berbasis TPACK yang tersedia dari tahun 2014 hingga 2024, yang berkaitan dengan topik pembelajaran kimia. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) yang bertujuan menjawab pertanyaan penelitian terkait dengan peluang dan tantangan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis TPACK menggunakan database artikel online yaitu ERIC dan Google Scholar. Berdasarkan analisis literatur, dapat disimpulkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran berbasis TPACK dalam proses pembelajaran kimia menghadirkan sejumlah peluang yaitu peningkatan keterlibatan siswa, peningkatan pemahaman konsep, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, meningkatkan daya ingat dan pemahaman jangka panjang, serta peningkatan keterampilan teknologi sedangkan tantangannya meliputi infrastruktur dan aksesibilitas, pelatihan guru yang tidak cukup, ketersediaan sumber daya yang terbatas, serta kesulitan dalam integrasi TPACK secara holistik. Implikasi dari temuan ini dapat memberikan panduan praktis bagi institusi pendidikan dalam mengadopsi perangkat pembelajaran berbasis TPACK secara efektif dalam proses pembelajaran kimia.

References

Abouelenein, Y. A. M., & Selim, S. A. S. (2024). Impact of digital interventions on the development of TPACK: Interviews, reports, and video simulation among pre-service teachers. Education and Information Technologies, 1-40.

Akbar, J. S., Dasna, I. W., & Wonorahardjo, S. (2019). The effect of guided inquiry-based practicum learning and prior knowledge on learning outcomes and science process skills of high school students on solubility and solubility products. Jurnal Pendidikan Sains, 7(3), 80-84.

Akbar, J. S., & Djakariah, D. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis android menggunakan pendekatan inkuiri untuk menguatkan technological pedagogical and content knowledge (TPACK) calon guru. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 5(1), 46-53.

Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., ... & Hamsiah, A. (2023). Penerapan media pembelajaran era digital. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Baran, E., Chuang, H., & Thompson, A. (2011). Tpack: an emerging research and development tool for teacher educators. Turkish Online Journal of Educational Technology, 10, 370-377.

Birisci, S., & Kul, U. (2019). Predictors of technology integration self-efficacy beliefs of preservice teachers. Contemporary Educational Technology, 10(1), 75–93.

Boletsis, C., & McCallum, S. (2013). The table mystery: An augmented reality collaborative game for chemistry education. In Serious Games Development and Applications: 4th International Conference, SGDA 2013, Trondheim, Norway, September 25-27, 2013. Proceedings 4 (pp. 86-95). Springer Berlin Heidelberg.

Hayati, M. (2022). Peningkatan hasil belajar dengan pendekatan tpack pada pembelajaran ipa. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(4), 477-483.

Hayati, D. K., Sutrisno, S., & Lukman, A. (2014). Pengembangan kerangka kerja TPACK pada materi koloid untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dalam mencapai HOTS siswa. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1).

Imaduddin, M., & Astuti, A. P. (2022). Strengthening chemistry teachers' technological pedagogical content knowledge through the introduction of augmented reality and learning management systems. Bulletin of Community Engagement, 2(1), 21-31.

Irmita, L. U., & Atun, S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan tpack untuk meningkatkan literasi sains. Jurnal Tadris Kimiya, 2(1), 84-90.

Jang, S., & Tsai, M. (2013). Exploring the TPACK of Taiwanese Secondary School Science Teachers Using a New Contextualized TPACK Model.. Australasian Journal of Educational Technology, 29, 566-580.

Joharmawan, R. (2021). Perception profile of content knowledge and technological pedagogy of chemistry teachers and the quality of their implementation in the development of rpp and chemistry learning. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(9), 1061-1069.

Johnson, A. M., Jacovina, M. E., Russell, D. G., & Soto, C. M. (2016). Challenges and solutions when using technologies in the classroom. Adaptive Educational Technologies for Literacy Instruction, 13–29.

Khine, M., Ali, N., & Afari, E. (2017). Exploring relationships among TPACK constructs and ICT achievement among trainee teachers. Education and Information Technologies, 22, 1605-1621.

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9, 60-70.

Kurnianto, B., & Sarwono, R. (2023). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis tpack dalam meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(3), 210-221.

Kurniawan, H., Hakim, L., Sanulita, H., Maiza, M., Arisanti, I., Rismawan, M., ... & Amalia, M. M. (2023). Teknik Penulisan Karya Ilmiah: Cara membuat Karya Ilmiah yang baik dan benar. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lei, J. (2009). Digital natives as preservice teachers: What technology preparation is needed? Journal of Computing in Teacher Education, 25(3), 87–97.

Lukas, S., Müller, W., Huwer, J., Drüke-Noe, C., Koppel, I., Rebholz, S., ... & Weitzel, H. (2019). Improving students'tpack through learning labs: the implementation of ichemlab and steam makerspace. In Edulearn19 Proceedings (pp. 6718-6726).

Mairisiska, T., Sutrisno, S., & Asrial, A. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis TPACK pada materi sifat koligatif larutan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1).

Maor, D. (2017). Using TPACK to develop digital pedagogues: a higher education experience. Journal of Computers in Education, 4, 71-86.

Mas'un, M., & Saparudin, S. (2022). Konsep dan penerapan tpack dalam pembelajaran pendidikan agama islam berbasis hots. eL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 16(2).

Niess, M. (2011). Investigating TPACK: knowledge growth in teaching with technology. Journal of Educational Computing Research, 44, 299-317.

Ottenbreit-Leftwich, A., Liao, J. Y. C., Sadik, O., & Ertmer, P. (2018). Evolution of teachers’ technology integration knowledge, beliefs, and practices: How can we support beginning teachers use of technology?. Journal of Research on Technology in Education, 50(4), 282-304.

Picton, I., (2019). Teachers’ use of technology to support literacy in 2018. London: National Literacy Trust.

Pongpalilu, F., Hamsiah, A., Raharjo, R., Sabur, F., Nurlela, L., Hakim, L., ... & Tresnawati, S. (2023). Perkembangan peserta didik: teori & konsep perkembangan peserta didik era society 5.0. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Porras-Hernández, L., & Salinas-Amescua, B. (2013). Strengthening tpack: a broader notion of context and the use of teacher's narratives to reveal knowledge construction. Journal of Educational Computing Research, 48, 223 - 244.

Ramli, A., Putri, R., Trimadona, E., Abadi, A., Ramadani, Y., Saputra, A. M. A., ... & Mahmudah, K. (2023). Landasan Pendidikan: Teori dan konsep dasar landasan pendidikan era industri 4.0 dan society 5.0 di indonesia. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rodríguez-Becerra, J., Cáceres-Jensen, L., Díaz, T., Druker, S., Bahamonde Padilla, V., Pernaa, J., & Aksela, M. (2020). Developing technological pedagogical science knowledge through educational computational chemistry: A case study of pre-service chemistry teachers’ perceptions. Chemistry Education Research and Practice, 21(2), 638–654.

Rosenberg, J. M., & Koehler, M. J. (2015). Context and technological pedagogical content knowledge (tpack): a systematic review. Journal of Research on Technology in Education, 47(3), 186-210.

Schubatzky, T., Burde, J. P., Große-Heilmann, R., Haagen-Schützenhöfer, C., Riese, J., & Weiler, D. (2023). Predicting the development of digital media pck/tpack: the role of pck, motivation to use digital media, interest in and previous experience with digital media. Computers & Education, 206, 104900.

Valtonen, T., Sointu, E., Kukkonen, J., Kontkanen, S., Lambert, M. C., & Mäkitalo-Siegl, K. (2017). TPACK updated to measure pre-service teachers’ twenty-first century skills. Australasian Journal of Educational Technology, 33(3), 15–31.

Wong, C. H., Tsang, K. C., & Chiu, W. K. (2021). Using augmented reality as a powerful and innovative technology to increase enthusiasm and enhance student learning in higher education chemistry courses. Journal of Chemical Education, 98(11), 3476-3485.

Yuniandriyani, E., Muhaimin, M., & Ernawati, M. D. W. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis tpack untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi hidrolisis garam di sma. Journal on Teacher Education, 4(2), 281-292

Downloads

Published

2024-09-17

Issue

Section

Articles