Peluang dan Tantangan Penggunaan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK Pada Materi Kimia Bagi Generasi Z di Era Society 5 0

Authors

  • Desire Atna Sridanty Rumondor Manado State University image/svg+xml
  • Jakub Saddam Akbar Manado State University image/svg+xml
  • Fransiska Harahap Manado State University image/svg+xml
  • Djakariah Djakariah Universitas Negeri Cendana

Keywords:

TPACK, pembelajaran kimia, era society 5.0

Abstract

Penelitian ini bertujuan menginvestigasi peluang dan tantangan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis TPACK pada materi kimia bagi generasi Z dalam konteks era society< em> 5 0 Dalam penelitian ini dilakukan identifikasi analisis evaluasi dan interpretasi riset terkait penggunaan perangkat pembelajaran berbasis TPACK yang tersedia dari tahun 2014 hingga 2024 yang berkaitan dengan topik pembelajaran kimia Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review< em> SLR yang bertujuan menjawab pertanyaan penelitian terkait dengan peluang dan tantangan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis TPACK menggunakan database< em> artikel online< em> yaitu ERIC dan Google Scholar< em> Berdasarkan analisis literatur dapat disimpulkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran berbasis TPACK dalam proses pembelajaran kimia menghadirkan sejumlah peluang yaitu peningkatan keterlibatan siswa peningkatan pemahaman konsep meningkatkan keterampilan berpikir kritis meningkatkan daya ingat dan pemahaman jangka panjang serta peningkatan keterampilan teknologi sedangkan tantangannya meliputi infrastruktur dan aksesibilitas pelatihan guru yang tidak cukup ketersediaan sumber daya yang terbatas serta kesulitan dalam integrasi TPACK secara holistik Implikasi dari temuan ini dapat memberikan panduan praktis bagi institusi pendidikan dalam mengadopsi perangkat pembelajaran berbasis TPACK secara efektif dalam proses pembelajaran kimia < p>

References

Abouelenein Y A M Selim S A S 2024 Impact of digital interventions on the development of TPACK: Interviews reports and video simulation among pre service teachers Education and Information Technologies 1 40

Akbar J S Dasna I W Wonorahardjo S 2019 The effect of guided inquiry based practicum learning and prior knowledge on learning outcomes and science process skills of high school students on solubility and solubility products Jurnal Pendidikan Sains 7 3 80 84

Akbar J S Djakariah D 2023 Pemanfaatan media pembelajaran berbasis android menggunakan pendekatan inkuiri untuk menguatkan technological pedagogical and content knowledge TPACK calon guru Oxygenius Journal Of Chemistry Education 5 1 46 53

Ariani M Zulhawati Z Haryani H Zani B N Husnita L Firmansyah M B Hamsiah A 2023 Penerapan media pembelajaran era digital Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia

Baran E Chuang H Thompson A 2011 Tpack: an emerging research and development tool for teacher educators Turkish Online Journal of Educational Technology 10 370 377

Birisci S Kul U 2019 Predictors of technology integration self efficacy beliefs of preservice teachers Contemporary Educational Technology 10 1 75 93

Boletsis C McCallum S 2013 The table mystery: An augmented reality collaborative game for chemistry education In Serious Games Development and Applications: 4th International Conference SGDA 2013 Trondheim Norway September 25 27 2013 Proceedings 4 pp 86 95 Springer Berlin Heidelberg

Hayati M 2022 Peningkatan hasil belajar dengan pendekatan tpack pada pembelajaran ipa SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA 2 4 477 483

Hayati D K Sutrisno S Lukman A 2014 Pengembangan kerangka kerja TPACK pada materi koloid untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dalam mencapai HOTS siswa Edu Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 3 1

Imaduddin M Astuti A P 2022 Strengthening chemistry teachers technological pedagogical content knowledge through the introduction of augmented reality and learning management systems Bulletin of Community Engagement 2 1 21 31

Irmita L U Atun S 2017 Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan tpack untuk meningkatkan literasi sains Jurnal Tadris Kimiya 2 1 84 90

Jang S Tsai M 2013 Exploring the TPACK of Taiwanese Secondary School Science Teachers Using a New Contextualized TPACK Model Australasian Journal of Educational Technology 29 566 580

Joharmawan R 2021 Perception profile of content knowledge and technological pedagogy of chemistry teachers and the quality of their implementation in the development of rpp and chemistry learning Turkish Journal of Computer and Mathematics Education TURCOMAT 12 9 1061 1069

Johnson A M Jacovina M E Russell D G Soto C M 2016 Challenges and solutions when using technologies in the classroom Adaptive Educational Technologies for Literacy Instruction 13 29

Khine M Ali N Afari E 2017 Exploring relationships among TPACK constructs and ICT achievement among trainee teachers Education and Information Technologies 22 1605 1621

Koehler M J Mishra P 2009 What is technological pedagogical content knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education 9 60 70

Kurnianto B Sarwono R 2023 Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis tpack dalam meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 13 3 210 221

Kurniawan H Hakim L Sanulita H Maiza M Arisanti I Rismawan M Amalia M M 2023 Teknik Penulisan Karya Ilmiah: Cara membuat Karya Ilmiah yang baik dan benar Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia

Lei J 2009 Digital natives as preservice teachers: What technology preparation is needed? Journal of Computing in Teacher Education 25 3 87 97

Lukas S M ller W Huwer J Dr ke Noe C Koppel I Rebholz S Weitzel H 2019 Improving students tpack through learning labs: the implementation of ichemlab and steam makerspace In Edulearn19 Proceedings pp 6718 6726

Mairisiska T Sutrisno S Asrial A 2014 Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis TPACK pada materi sifat koligatif larutan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa Edu Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 3 1

Maor D 2017 Using TPACK to develop digital pedagogues: a higher education experience Journal of Computers in Education 4 71 86

Mas un M Saparudin S 2022 Konsep dan penerapan tpack dalam pembelajaran pendidikan agama islam berbasis hots eL HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam 16 2

Niess M 2011 Investigating TPACK: knowledge growth in teaching with technology Journal of Educational Computing Research 44 299 317

Ottenbreit Leftwich A Liao J Y C Sadik O Ertmer P 2018 Evolution of teachers technology integration knowledge beliefs and practices: How can we support beginning teachers use of technology? Journal of Research on Technology in Education 50 4 282 304

Picton I 2019 Teachers use of technology to support literacy in 2018 London: National Literacy Trust

Pongpalilu F Hamsiah A Raharjo R Sabur F Nurlela L Hakim L Tresnawati S 2023 Perkembangan peserta didik: teori konsep perkembangan peserta didik era society 5 0 Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia

Porras Hern ndez L Salinas Amescua B 2013 Strengthening tpack: a broader notion of context and the use of teacher s narratives to reveal knowledge construction Journal of Educational Computing Research 48 223 244

Ramli A Putri R Trimadona E Abadi A Ramadani Y Saputra A M A Mahmudah K 2023 Landasan Pendidikan: Teori dan konsep dasar landasan pendidikan era industri 4 0 dan society 5 0 di indonesia Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia

Rodr guez Becerra J C ceres Jensen L D az T Druker S Bahamonde Padilla V Pernaa J Aksela M 2020 Developing technological pedagogical science knowledge through educational computational chemistry: A case study of pre service chemistry teachers perceptions Chemistry Education Research and Practice 21 2 638 654

Rosenberg J M Koehler M J 2015 Context and technological pedagogical content knowledge tpack : a systematic review Journal of Research on Technology in Education 47 3 186 210

Schubatzky T Burde J P Gro e Heilmann R Haagen Sch tzenh fer C Riese J Weiler D 2023 Predicting the development of digital media pck tpack: the role of pck motivation to use digital media interest in and previous experience with digital media Computers Education 206 104900

Valtonen T Sointu E Kukkonen J Kontkanen S Lambert M C M kitalo Siegl K 2017 TPACK updated to measure pre service teachers twenty first century skills Australasian Journal of Educational Technology 33 3 15 31

Wong C H Tsang K C Chiu W K 2021 Using augmented reality as a powerful and innovative technology to increase enthusiasm and enhance student learning in higher education chemistry courses Journal of Chemical Education 98 11 3476 3485

Yuniandriyani E Muhaimin M Ernawati M D W 2022 Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis tpack untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi hidrolisis garam di sma Journal on Teacher Education 4 2 281 292

Downloads

Published

2024-09-17

Issue

Section

Articles