Analisis Kualitas Pengelolaan Kelas Pembelajaran Sains di SMP Negeri 1 Manganitu Selatan Kabupaten Kepulauan Sangihe
Keywords:
pengelolaan kelas, pembelajaran sainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan kelas pembelajaran sains di SMP Negeri 1 Manganitu Selatan di Kabupaten Kepulauan sangihe. Penelitan ini merupakan penelitian evaluatif, yang memfokuskan pada kualitas pengelolaan kelas pembelajaran sains di SMP Negeri 1 Manganitu Selatan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IX A yang berjumlah 17 siswa yang difokuskan pada perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan kelas pembelajaran sains. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan interview (wawancara), kuesioner (angket), obsevasi (pengamatan) dan gabungan ketiganya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil pengelolaan kelas pada kelas pembelajaran sains siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Manganitu Selatan sebesar 50,88 yang berada pada klasifikasi 55-64 dengan klasifikasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas yang dilakukan oleh pendidik mata pelajaran sains termasuk kategori baik.
References
Aulia, R., & Sontani, U. T. (2018). Pengelolaan kelas sebagai determinan terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(2), 149-157.
Daud, M. H., & Ukhrawi, I. (2018). Hubungan antara pengelolaan kelas dengan prestasi belajar siswa smp negeri 2 ende. Ekspektasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 29-39.
Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan kelas: Upaya mengukur keberhasilan proses pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53-70.
Minsih, M. (2018). Peran guru dalam pengelolaan kelas. Profesi pendidikan dasar, 5(1), 20-27.
Prasetyaningsih, P., & Wilujeng, I. (2016). Analisis kualitas pengelolaan kelas pembelajaran sains pada SMP Ssn di Kabupaten Pati. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 147-165.
Rofiq, A. (2009). Pengelolaan kelas. Malang: Direktorat Jendral PMPTK.
Salabi, A. (2016). Konsepsi manajemen kelas: masalah dan pemecahannya. Jurnal Tarbiyah (Jurnal Ilmiah Kependidikan), 5(2), 69-78.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utami, Y. P., Jamali, Y., & Isro'i, N. F. (2020). Pengaruh kemampuan guru pai dan keterampilan mengelola kelas terhadap peningkatan adversity quotient siswa kelas xii smk negeri 2 kota pangkalpinang. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 1(2), 99-104.
Zahroh, L. (2015). Pendekatan dalam pengelolaan kelas. Tasyri': Jurnal Tarbiyah-Syari'ah Islamiyah, 22(2), 175-189.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irawaty Jaklyn Kagansa, Jovialine A. Rungkat, Ferdy Dungus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.