Penggunaan TikTok Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah IPA 1
Keywords:
media pembelajaran tiktok, hasil belajarAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan media TikTok dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran pada mata kuliah IPA 1. Proses penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan (Observasi), Refleksi. Penelitian ini juga menggunakan metode observasi untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran menggunakan media TikTok dan tes evaluasi untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian yang didapat adalah terdapat pengaruh positif dalam penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran pada mata kuliah IPA 1. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik dan antusiasme juga semangat mereka yang tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran. Persentase hasil belajar peserta didik pada setiap siklus meningkat secara signifikan, yaitu 28,57% pada pra siklus, 71,43% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Pada tahapan tindakan siklus I dan Siklus II capaian persentasenya berada pada kategori melampaui dan standar ketuntasan klasikal berada pada angka 81,79 yang artinya TikTok cocok dan berhasil dijadikan media pembelajaran dalam mata kuliah IPA 1.
References
Aji, W. N. & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran keterampilan bersastra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 6(2),147-157.
Azizah, S., Sari, R. P., & Hasby. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis tiktok pada materi kesetimbangan kimia. Jurnal Penelitian Kimia Dan Pendidikan Kimia Page, 39(1), 39-49.
Dewanta, A. (2020). Pemanfaatan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 79-85.
Fauziyah, N., Ramadhini, A., Wardhana, K.E., & Hidayat, A.F.S. (2022). Penggunaan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di era globalisasi digital. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, 3(3), 181-193.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019, July). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. In Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 5, No. 1, p 181-188). Proceeding DPNPM-Unindra.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th edition.). USA: Pearson Education, Inc.
Mufidah, A., & Mufidah, R. (2021, October). Aplikasi tik-tok dan instagram sebagai salahsatu alternatif dalam media pembelajaran ipa. In PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar (Vol. 1, No. 1, p 60-69).
Sudijono, A. (2012). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suprihatin, G. (2022). Penggunaan media tiktok dalam meningkatkan hasil belajar ipa di mtsn 4 gunung kidul. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 107-115.
Taubah, M. (2020). Aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran maharah kalam. Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 57-66.
Wulandari, A.P., Salsabila, A.A., Cahyani. K., Nurazizah, T.S., Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Jurnal on Education, 5(2), 3928-3936.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wilce Anna Cahya Kuendo, Mellyatul Aini, Maria Yasinta Manuel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.