Penggunaan Aplikasi Tinkercad dalam Pembelajaran Elektronika Dasar 2: Persepsi dan Pemahaman Konseptual Mahasiswa

Authors

Keywords:

elektronika dasar 2, tinkercad, persepsi mahasiswa, pemahaman konseptual, media pembelajaran

Abstract

Elektronika Dasar 2 adalah salah satu mata kuliah wajib jurusan Fisika Universitas Negeri Manado dan umumnya juga dibeberapa perguruan tinggi lain Penelitian ini menyelidiki penggunaan aplikasi Tinkercad dalam mata kuliah Elektronika Dasar 2 dan dampaknya terhadap persepsi serta pemahaman mahasiswa Jenis penelitian yang digunakan yaitu kajian deskriptif dengan dengan metode survei terhadap mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Negeri Manado yang mengambil mata kuliah Elektronika Dasar 2 sebanyak 20 orang Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis google form< em> dan tanya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengalaman belajar menggunakan Tinkercad dan pemahaman mahasiswa terkait materi ajar Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Tinkercad memiliki pengaruh positif terhadap persepsi memberikan media pembelajaran yang lebih visual dan interaktif dan membantu mahasiswa memahami konsep konsep elektronika secara lebih baik Meskipun begitu penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa seperti masalah aksesibilitas dan kebutuhan akan panduan penggunaan aplikasi Mahasiswa memberikan persepsi positif sekaligus telah dapat meningkatkan pemahaman konseptual terkait penggunaan aplikasi Tinkercad dalam pembelajaran Elektronika Dasar 2 < p>

References

BL A Anori S Dewi I P Efrizon 2024 Exploring the impact of tinkercad assisted learning on student performance in industrial electronics subject Journal of Hypermedia Technology Enhanced Learning J HyTEL 2 2 123 136

Erdogan R Saglam Z Cetintav G Karaoglan Yilmaz F G 2023 Examination of the usability of Tinkercad application in educational robotics teaching by eye tracking technique Smart Learning Environments 10 1 1 23

Eryilmaz S Deniz G 2021 Effect of Tinkercad on Students Computational Thinking Skills and Perceptions: A Case of Ankara Province TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology 20 1 25 38

Fiqry R 2021 Persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan aplikasi sensor smartphone untuk praktikum JIIP Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4 2 103 108

Golubev L P Tkach M M Makatora D A 2023 Using tinkercad to support online the laboratory work on the design of microprocessor systems at technical university Information Technologies and Learning Tools 93 1 80 95

Handayani A N Nafista S S Kusumawardana A Elmunsyah H Arai K Asmara R A 2024 Development of interactive virtual laboratory media with tinkercad platform on analog electronics material In E3S Web of Conferences Vol 473 p 04008 EDP Sciences

Husin N A Ramli M Alwi D M 2022 Tinkercad simulation software to optimize online teaching and learning in embedded internet of things Journal of Counseling and Educational Technology 5 2 49 57

Juanda E A Khairullah F 2021 Tinkercad application software to optimize teaching and learning process in electronics and microprocessors subject In 6th UPI International Conference on TVET 2020 TVET 2020 pp 124 128 Atlantis Press

Khotimah C Kartikawati S Hardiyanto D 2024 Pengaruh media pembelajaran website tinkercad untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik JUPITER Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 9 1 13 18

Loneli C Guntoro Lisnawita 2022 Implementasi simulasi elektronika dan arduino virtual dengan circuit tinkercad J COSCIS : Journal of Computer Science Community Service 2 2 18 25

Marzuki M Sudiarta I W Handayana I G N Y 2021 Penguatan materi rangkaian listrik menggunakan tinkercad untuk siswa ponpes cendekia darul lutviyah murni nw aikmel Prosiding PEPADU 3 66 73

Ratnadewi R Muliady M Prijono A Susanthi Y Sunoto T D Chandra E Setiawan A Ananda R 2023 Pembelajaran rangkaian listrik dengan aplikasi tinkercad circuit pada akademisi di indonesia Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara 7 3 819 829

Wahyudi N T N Endramawan P Hardiyanto D 2022 Trainer arduino uno sebagai media pembelajaran mata kuliah dasar pemrograman pendidikan teknik elektro universitas pgri madiun JUPITER Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 7 2 26 32

Wicaksono P Handayani L 2024 Pengembangan modul praktikum listrik dinamis arus searah berbasis tinkercad Unnes Physics Education Journal 13 1 45 52

Widiarini P Pramadi I P W Y Mardana I B P 2021 Pengaruh Model pembelajaran berbasis proyek berbantu lab virtual terhadap kreativitas mahasiswa Orbita 7 1 25 29

Downloads

Published

2024-09-17

Issue

Section

Articles