Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe GI Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.1091Keywords:
student teams achievement division, group investigation, hasil belajar, pencemaran lingkunganAbstract
Hasil wawancara di SMP Negeri 9 Dumoga ditemukan bahwa dalam proses pembelajaran IPA cara guru menyampaikan materi masih berpusat pada guru atau kurang melibatkan siswa serta kurangnya penggunaan variasi model dalam proses pembelajaran sehingga membuat siswa kurang aktif Oleh karena itu proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal dan hasil belajar IPA siswa belum mencapai nilai KKM Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran GI pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 9 Dumoga Penelitian ini menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design< em> Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dan diperoleh 2 kelas dengan jumlah masing masing 20 siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen II Data hasil belajar siswa dari kedua model pembelajaran diperoleh dari pretest< em> dan posstest< em> Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji hipotesis uji t diperoleh nilai signifikan 0 015 lt; 0 05 maka H0< sub> ditolak dan H1< sub> diterima Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa baik yang diberi model pembelajaran STAD dan yang diberi model pembelajaran GI untuk materi pencemaran lingkungan pada kelas VII di SMP Negeri 9 Dumoga < p>
References
Abbas S Tamboto H Rooroh A 2020 Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division STAD dan group investigation terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tondano Jurnal Pendidikan Ekonomi 5 2 132 137
Bugianto W 2008 Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode Student Teams Achievement Divisions STAD dan Group Investigation GI ditinjau dari kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar siswa SMP kelas VII Skripsi Universitas Sebelas Maret
Esminarto E Sukowati S Suryowati N Anam K 2016 Implementasi model stad dalam meningkatkan hasil belajar siwa BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual 1 1 16 23
Martiyani E 2014 Pengaruh pembelajaran kooperatif model Student Team Achivement Division STAD dan Group Investigation GI terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi kelas VIII SMP Negeri 2 Plupuh Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Praptiwi P Handhika J 2012 Efektivitas metode kooperatif tipe GI dan STAD ditinjau dari kemampuan awal Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 3 1 41 50
Riadi E 2016 Statistika Penelitian Analisis Manual dan IBM SPSS Yogyakarta: Andi Offset
Santoso S Rintayati P 2017 Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan student team achievement division terhadap berfikir kritis ditinjau dari kreativitas siswa pada materi sebaran barang tambang di Indonesia eksperimen pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Sragen tahun pelajaran 2016 2017 GeoEco 3 2 114 125
Slavin R E 2008 Cooperative Learning: Teori Riset dan Praktik Terjemahan: Narulita Y 2015 Bandung: Nusa Media
Sugandi M K 2017 Penerapan model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep pencemaran lingkungan Jurnal Bio Educatio 2 2 35 39
Sugiyono 2015 Metode penelitian kuantitatif kualitatif R D Bandung: Alfabeta
Suryanda A Azrai E P Wari N 2016 Pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation GI terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada materi pencemaran lingkungan Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi 9 2 37 44
Tumanan M D 2019 Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan sistem ekskresi manusia kelas VIII di SMP Frater Don Bosco Tomohon Skripsi Universitas Negeri Manado
