Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe GI Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan

Authors

  • Agnes Inka Christy Ogi Universitas Negeri Manado
  • Fransiska Harahap Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.1091

Keywords:

student teams achievement division, group investigation, hasil belajar, pencemaran lingkungan

Abstract

Hasil wawancara di SMP Negeri 9 Dumoga ditemukan bahwa dalam proses pembelajaran IPA, cara guru menyampaikan materi masih berpusat pada guru atau kurang melibatkan siswa serta kurangnya penggunaan variasi model dalam proses pembelajaran sehingga membuat siswa kurang aktif. Oleh karena itu proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal dan hasil belajar IPA siswa belum mencapai nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran GI pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 9 Dumoga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dan diperoleh 2 kelas dengan jumlah masing-masing 20 siswa, kelas VIIA sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen II. Data hasil belajar siswa dari kedua model pembelajaran diperoleh dari pretest dan posstest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji hipotesis (uji-t) diperoleh nilai signifikan 0,015 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa, baik yang diberi model pembelajaran STAD dan yang diberi model pembelajaran GI untuk materi pencemaran lingkungan pada kelas VII di SMP Negeri 9 Dumoga.

References

Abbas, S., Tamboto, H., & Rooroh, A. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan group investigation terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tondano. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 132-137.

Bugianto, W. (2008). Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Group Investigation (GI) ditinjau dari kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar siswa SMP kelas VII. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi model stad dalam meningkatkan hasil belajar siwa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16-23.

Martiyani, E. (2014). Pengaruh pembelajaran kooperatif model Student Team Achivement Division (STAD) dan Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Biologi) kelas VIII SMP Negeri 2 Plupuh. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Praptiwi, P., & Handhika, J. (2012). Efektivitas metode kooperatif tipe GI dan STAD ditinjau dari kemampuan awal. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3(1), 41-50.

Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: Andi Offset.

Santoso, S., & Rintayati, P. (2017). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan student team achievement division terhadap berfikir kritis ditinjau dari kreativitas siswa pada materi sebaran barang tambang di Indonesia (eksperimen pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Sragen tahun pelajaran 2016/2017). GeoEco, 3(2), 114-125.

Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan: Narulita, Y. (2015). Bandung: Nusa Media.

Sugandi, M. K. (2017). Penerapan model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep pencemaran lingkungan. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 35-39.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Wari, N. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 37-44.

Tumanan, M. D. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan sistem ekskresi manusia kelas VIII di SMP Frater Don Bosco Tomohon. Skripsi. Universitas Negeri Manado.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles