Implementasi Model Pembelajaran PIMCA Pada Pembelajaran Sistem Pernapasan Manusia dan Kaitannya Dengan Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1096Keywords:
model pembelajaran PIMCA, sistem pernapasan manusia, covid-19Abstract
Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memilih model pembelajaran yang memungkinkan para siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif peserta didik yaitu model pembelajaran PIMCA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PIMCA terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia dan kaitannya dengan Covid-19. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Desain penelitian menggunakan pretest posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Dumoga. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran PIMCA dan kelas VIIIA berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan hasil posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t. Berdasarkan hasil pengujian data menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 3,147 sedangkan ttabel = 1,685 dengan demikian thitung > ttabel. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh model pembelajaran PIMCA terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia.
References
Aniqotsunainy, D. (2018). Effective presentation skill pada kegiatan apersepsi materi pendidikan agama islam. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 7(1), 191-210.
Dzulkarnain, D., Marli, S., & Kaswari, K. (2017). Pengaruh model mind mapping terhadap hasil belajar IPS di SDN 20 Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(11).
Komarudin, K., Putri, D. C. N., & Suherman, S. (2019). Mind mapping model: Pengaruhnya terhadap hasil belajar tematik siswa sekolah dasar. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(1), 1-8.
Kristiana, D. (2016). Implementasi mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1-9.
Kusairi, S. (2012). Analisis asesmen formatif fisika sma berbantuan komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16, 68-87.
Latifah, A. Z., Hidayat, H., Mulyani, H., Fatimah, A. S., & Sholihat, A. (2020). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kreativitas pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38-50.
Marpaung, D. (2018). Penerapan metode diskusi dan presentasi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Bagan Sinembah. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 8(4), 360-368.
Millah, D. (2015). Audience centered pada metode presentasi sebagai aktualisasi pendekatan student centered learning. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 255-278.
Nasra, F., Mongan, S. W., Nusa, J., Poluakan, C., Mondolang, A. H., & Lolowang, J. (2021, July). Teaching and learning of electric charge with PIMCA model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1968, No. 1, p. 012032). IOP Publishing.
Rahmawanto, R. (2018). Penggunaan teknik mind map berbasis multimedia presentasi untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 83-90.
Rahmawati, I. L., Hartono, H., & Nugroho, S. E. (2015). Pengembangan asesmen formatif untuk meningkatkan kemampuan self regulation siswa pada tema suhu dan perubahannya. Unnes Science Education Journal, 4(2), 842-850.
Santi, V. P., Abdat, C. H., & Mahmudah, U. (2017). Pengembangan panduan mind mapping untuk meningkatkan keterampilan belajar. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling, 5(2), 95-100.
Susanti, S. (2016). Metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 25-37.
Wahyuni, M. (2018). Meta analisis assessmen formatif di pendidikan tinggi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 62-69.
Wola, B. R., Ibrahim, M., & Purnomo, T. (2020). Development of a four-tier multiple-choice test on the concept of transport across membranes. SEJ (Science Education Journal), 4(2), 77-97.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Gloria S. Menggasa, Ferdy Dungus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.