Implementasi Model Pembelajaran PIMCA Pada Pembelajaran Sistem Pernapasan Manusia dan Kaitannya Dengan Covid 19

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1096

Keywords:

model pembelajaran PIMCA, sistem pernapasan manusia, covid-19

Abstract

Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memilih model pembelajaran yang memungkinkan para siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran Model pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif peserta didik yaitu model pembelajaran PIMCA Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PIMCA terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia dan kaitannya dengan Covid 19 Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experiment< em> Desain penelitian menggunakan pretest posttest nonequivalent control group design< em> Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Dumoga Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran PIMCA dan kelas VIIIA berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol Metode pengumpulan data menggunakan hasil posttest< em> Teknik analisis data menggunakan analisis uji t Berdasarkan hasil pengujian data menggunakan uji t diperoleh thitung< sub> = 3 147 sedangkan ttabel< sub> = 1 685 dengan demikian thitung< sub> gt; ttabel< sub> Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh model pembelajaran PIMCA terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia < p>

References

Aniqotsunainy D 2018 Effective presentation skill pada kegiatan apersepsi materi pendidikan agama islam AL MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam 7 1 191 210

Dzulkarnain D Marli S Kaswari K 2017 Pengaruh model mind mapping terhadap hasil belajar IPS di SDN 20 Pontianak Selatan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 6 11

Komarudin K Putri D C N Suherman S 2019 Mind mapping model: Pengaruhnya terhadap hasil belajar tematik siswa sekolah dasar Jurnal JPSD Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 6 1 1 8

Kristiana D 2016 Implementasi mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 4 2 1 9

Kusairi S 2012 Analisis asesmen formatif fisika sma berbantuan komputer Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 16 68 87

Latifah A Z Hidayat H Mulyani H Fatimah A S Sholihat A 2020 Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kreativitas pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan Jurnal Pendidikan 21 1 38 50

Marpaung D 2018 Penerapan metode diskusi dan presentasi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bagan Sinembah School Education Journal PGSD FIP Unimed 8 4 360 368

Millah D 2015 Audience centered pada metode presentasi sebagai aktualisasi pendekatan student centered learning Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10 2 255 278

Nasra F Mongan S W Nusa J Poluakan C Mondolang A H Lolowang J 2021 July Teaching and learning of electric charge with PIMCA model In Journal of Physics: Conference Series Vol 1968 No 1 p 012032 IOP Publishing

Rahmawanto R 2018 Penggunaan teknik mind map berbasis multimedia presentasi untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan 3 1 83 90

Rahmawati I L Hartono H Nugroho S E 2015 Pengembangan asesmen formatif untuk meningkatkan kemampuan self regulation siswa pada tema suhu dan perubahannya Unnes Science Education Journal 4 2 842 850

Santi V P Abdat C H Mahmudah U 2017 Pengembangan panduan mind mapping untuk meningkatkan keterampilan belajar Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling 5 2 95 100

Susanti S 2016 Metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPS di sekolah dasar Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 1 25 37

Wahyuni M 2018 Meta analisis assessmen formatif di pendidikan tinggi Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 2 1 62 69

Wola B R Ibrahim M Purnomo T 2020 Development of a four tier multiple choice test on the concept of transport across membranes SEJ Science Education Journal 4 2 77 97

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles