Penerapan Model Group Investigation dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMP Negeri 9 Dumoga
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1098Keywords:
group investigation, jigsaw, hasil belajar, sistem ekskresi manusiaAbstract
Pencapaian suatu tujuan pendidikan dalam pembelajaran tidak terlepas dari peran aktif seorang guru dalam mendidik peserta didik untuk meningkatkan mutu pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Group Investigation< em> dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada materi sistem ekskresi manusia Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Dumoga Tahun Ajaran 2020 2021 dan menggunakan metode quasi eksperimental design< em> dengan desain penelitian nonequivalent control group design< em> Seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel yang dipilih menggunakan sampling jenuh Data hasil belajar siswa dari kedua model pembelajaran diperoleh dari pretest< em> dan posttest< em> Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji hipotesis uji t pada taraf nyata 0 05 diperoleh signifikan 0 03 lt; 0 05 dimana H0< sub> ditolak dan H1< sub> diterima Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation< em> dan kelompok yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada materi sistem ekskresi manusia dimana hasil pada model pembelajaran Group Investigation< em> lebih tinggi dari hasil pembelajaran Jigsaw < p>
References
Abdullah R 2017 Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran kimia di madrasah aliyah Lantanida journal 5 1 13 28
Fiteriani I Arni S 2016 Model pembelajaran kooperatif dan implikasinya pada pemahaman belajar sains di SD MI Studi PTK di kelas III MIN 3 WatesLiwa Lampung Barat TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 3 2 94 115
Isjoni 2013 Pembelajaran kooperatif: meningkatkan kecerdasan komunikasi antar peserta didik Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jihad A Abdul H 2012 Evaluasi pembelajaran Yogyakarta: Multi Pressindo
Nur F R 2015 Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation GI dan Jigsaw pada materi pokok garis singgung lingkaran terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP kelas VIII Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta
Riadi E Arie P 2016 Statistika penelitian: analisis manual dan IBM SPSS Yogyakarta: Andi Offset
Suhada I Hartati S 2017 Penerapan model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi 7 1 64 75
Suprihatin S 2017 Pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar studi Masyarakat Indonesia Mahasiswa PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi 5 1 84 94
Susilo F Sunarno W Suparmi S 2016 Pembelajaran fisika menggunakan model Jigsaw dan GI Group Investigation ditinjau dari kreativitas dan sikap ilmiah belajar siswa Inkuiri 5 3 40 48
Wahyuningsih I 2017 Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar IPA Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 4 1 26 33
