Implementasi Pembelajaran Eksplorasi dalam Mengkaji Konteks Konsep Fisika dari Fakta Fenomena di Danau Tondano untuk Pembelajaran Fisika
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.11260Keywords:
pembelajaran eksplorasi, pembelajaran fisikaAbstract
Pembelajaran eksplorasi merupakan pembelajaran yang memberikan peserta didik kesempatan mengkonstruksi atau membangun pengetahuannya sendiri lewat aktivitas eksplorasi Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran eksplorasi dalam mengkaji konteks konsep fisika dari fakta dan fenomena di Danau Tondano dalam proses belajar fisika Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode pre eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design< em> Penelitian dilakukan di Jurusan Fisika Universitas Negeri Manado dan pembelajaran eksploratif dilaksanakan di pesisir danau Tondano Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Semester 1 Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Manado Tahun Akademik 2023 2024 Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji N Gain diperoleh persentase rata rata skor sebesar 80 01 Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa 1 pembelajaran eksploratif tentang konteks konsep di pesisir danau Tondano efektif diterapkan dalam proses belajar fisika 2 proses eksplorasi konteks konsep fisika di pesisir danau Tondano membuat subjek penelitian mampu menghubungkan pengalaman di luar kelas dengan pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran formal di kelas < span>< div>References
Eli W Fajari L E W 2020 Penerapan pendekatan lingkungan alam sekitar PLAS untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 3 1 58 66
Hake R R 1999 Analyzing change gain scores American Educational Research Assciation s Division D Measurement and Research Methodology 1 1 4
Heldanita H 2018 Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 3 1 53 64
Ngoryanto 2020 Proses belajar berpikir tingkat tinggi dalam mengeksplorasi konsep dan proses fisika fenomena hujan Skripsi Universitas Negeri Manado
Rohim A Asmana A T 2018 Efektivitas pembelajaran di luar kelas outdoor learning dengan pendekatan pmri pada materi spldv Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 5 3 217 229
Rohmat I 2017 Penerapan pembelajaran eksploratif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa smp In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Silangen P 2015 Model pengembangan danau linow sebagai lab alam prodi fisika konsentrasi geothermal fmipa unima Laporan Penelitian Universitas Negeri Manado
Socrates T P Mufit F 2022 Efektivitas penerapan media pembelajaran fisika berbasis augmented reality: Studi literatur EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika 7 1 96 101
Sumigar M 2020 Proses belajar berpikir tingkat tinggi dalam mengeksplorasi konsep dan proses fisika fenomena nyiur melambai Skripsi Universitas Negeri Manado
Tulandi D 2017 Effectiveness guidance tasks students do physical phenomena and the association formulate simple mathematical models in physics review course II JPPPF Journal of Physics Education Research Development 3 1
Tumangkeng J 2020 Design and implementation of context concept of local wisdom machete production in science learning about energy International Journal of Advanced Education Research 5 6 21 28
