Implementasi Pembelajaran Eksplorasi dalam Mengkaji Konteks-Konsep Fisika dari Fakta Fenomena di Danau Tondano untuk Pembelajaran Fisika

Authors

  • Jeane V. Tumangkeng Universitas Negeri Manado
  • Thresje Mandang Universitas Negeri Manado
  • Ferdy Dungus Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.11260

Keywords:

pembelajaran eksplorasi, pembelajaran fisika

Abstract

Pembelajaran eksplorasi merupakan pembelajaran yang memberikan peserta didik kesempatan mengkonstruksi atau membangun pengetahuannya sendiri lewat aktivitas eksplorasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran eksplorasi dalam mengkaji konteks-konsep fisika dari fakta dan fenomena di Danau Tondano dalam proses belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di Jurusan Fisika Universitas Negeri Manado dan pembelajaran eksploratif dilaksanakan di pesisir danau Tondano. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Semester 1 Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Manado Tahun Akademik 2023/2024. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji N-Gain diperoleh persentase rata-rata skor sebesar 80,01%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran eksploratif tentang konteks-konsep di pesisir danau Tondano efektif diterapkan dalam proses belajar fisika, (2) proses eksplorasi konteks-konsep fisika di pesisir danau Tondano membuat subjek penelitian mampu menghubungkan pengalaman di luar kelas dengan pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran formal di kelas.

References

Eli, W., & Fajari, L. E. W. (2020). Penerapan pendekatan lingkungan alam sekitar (PLAS) untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 58-66.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. American Educational Research Assciation’s Division D, Measurement and Research Methodology, 1, 1-4.

Heldanita, H. (2018). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53-64.

Ngoryanto. (2020). Proses belajar berpikir tingkat tinggi dalam mengeksplorasi konsep dan proses fisika fenomena hujan. Skripsi. Universitas Negeri Manado.

Rohim, A. & Asmana, A. T. (2018). Efektivitas pembelajaran di luar kelas (outdoor learning) dengan pendekatan pmri pada materi spldv. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3), 217-229.

Rohmat, I. (2017). Penerapan pembelajaran eksploratif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa smp. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Silangen, P. (2015) Model pengembangan danau linow sebagai lab alam prodi fisika, konsentrasi geothermal fmipa unima. Laporan Penelitian Universitas Negeri Manado.

Socrates, T. P., & Mufit, F. (2022). Efektivitas penerapan media pembelajaran fisika berbasis augmented reality: Studi literatur. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 96-101.

Sumigar, M. (2020). Proses belajar berpikir tingkat tinggi dalam mengeksplorasi konsep dan proses fisika fenomena nyiur melambai. Skripsi. Universitas Negeri Manado.

Tulandi, D. (2017). Effectiveness guidance tasks students do physical phenomena and the association formulate simple mathematical models in physics review course II. JPPPF-Journal of Physics Education Research Development &, 3(1).

Tumangkeng, J. (2020). Design and implementation of context-concept of local wisdom machete production in science learning about energy. International Journal of Advanced Education Research, 5(6), 21-28.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles