Pengaruh Penggunaan Laboratorium IPA terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Dasar 1 Materi Gerak Osilasi

Authors

  • Meidy Atina Kuron Universitas Negeri Manado
  • Nindy Sepang Universitas Sari Putra Indonesia Tomohon
  • Wilce Anna Cahya Kuendo Universitas Negeri Manado
  • Yohanes Bery Mokalu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.12163

Keywords:

Fisika dasar 1, hasil belajar, laboratorium IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar mahasiswa antara kelompok yang diajar menggunakan laboratorium IPA dan rata-rata hasil belajar mahasiswa yang diajar tidak menggunakan laboratorium IPA pada mata kuliah Fisika Dasar 1 materi gerak osilasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain eksperimen dengan subjek penelitian mahasiswa semester Ganjil Tahun Akademik 2024-2025 yang mengontrak mata kuliah fisika dasar 1. Adapun mahasiswa dibagi dalam 2 kelompok masing-masing 6 orang mahasiswa yang diberi kode kelompok A dan 6 orang mahasiswa yang diberi kode kelompok B dengan jumlah keseluruhan 12 orang. Penelitian dilakukan di Jurusan Pendidikan IPA Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Kebumian Unima pada bulan Juli sampai November tahun 2024. Data dikumpulkan melalui observasi awal dan tes hasil belajar mahasiswa yang dianalisis dengan pendekatan statistik Independent Sample T-test. Hasil belajar mahasiswa terdistribusi normal dan memiliki variansi yang sama atau homogen. Berdasarkan penelitian, ditemukan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara mahasiswa yang diajar menggunakan laboratorium IPA dan yang tidak menggunakannya pada mata kuliah Fisika Dasar 1 materi gerak osilasi.

References

Agustina, M. (2018). Peran Laboratorium

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dalam Pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah (MI) / Sekolah Dasar (SD). AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10 (1), 1 - 10.

Hamidah, A. (2014). Persepsi siswa

tentang kegiatan Praktikum Biologi di laboratorium SMA Negeri se-Kota Jambi. Jurnal sainmatika, 8(1)

Kuron, A. M., Umboh, A. H., & Pakpahan, N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengukuran. E-Jurnal Sariputra, 5(2).

Maharani, R. I., & Sasi, F. A. (2019).

Analisis Cek List Bahan Laboratorium di Laboratorium Biologi FMIPA UNNES. Jurnal Teknologi dan Manajemen Pengelolaan Laboratorium (Temapela). 2, 38-45.

Mandang, T., & Lahope, K. S. (2024). Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Dasar II Alat Electricity Demonsration Kit-B dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. SCIENING: Science Learning Journal, 5(1), 90-97.

Muliana, M., Wahyuni, S., & Erwing, E. (2021). Optimalisasi Fungsi Laboratorium IPAMelalui Kegiatan Praktikum Di SMP Negeri 4 Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 387-393.

Muna, I. A. (2016). Optimalisasai Fungsi

Laboratorium IPA Melalui Kegiatan Praktikum Pada Prodi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo. Kodifikasia, 10(1)

Nahdiyaturrahmah, Pujani, N., &

Selamet, K. (2020). Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI). 3, 118-129

Wiratma, I. G. L. dan Wayan S. (2014).

Pengelolaan Laboratorium Kimia pada SMA Negeri di Kota Singaraja. Jurnal Pendidikan Indonesia 3(2), 425-436.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles