Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Aplikasi Edmodo Terhadap Hasil Belajar IPA di SMP Negeri 13 Manado
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1272Keywords:
think pair share, aplikasi edmodo, hasil belajar IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan aplikasi Edmodo terhadap hasil belajar IPA di SMP Negeri 13 Manado. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 13 Manado, dan sampel yang terdiri dari 2 kelas yaitu, kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 siswa dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa, dimana pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian diperoleh berupa nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen 78 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata hasil posttest adalah 70,4. Setelah di uji statistik melalui uji-t, hasil belajar yang didapat antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu thitung = 5,43 > ttabel = 1,67, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, pada taraf nyata α = 0,05. Dimana rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS berbantuan aplikasi Edmodo lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS berbantuan aplikasi Edmodo berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 13 Manado.
References
Abdul, M. (2011). Perencanaan pembelajaran mengembangkan kompetensi guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69-78.
Budiati, A. (2018). Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar IPA di MTs N Gondowulung. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 65-76.
Istiani, R. M., & Retnoningsih, A. (2015). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar menggunakan metode post to post pada materi klasifikasi makhluk hidup. Journal of Biology Education, 4(1), 70-80.
Jumaeroh, S., & Zuhaida, A. (2019). Pengaruh penggunaan media edmodo dengan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA materi tekanan pada zat. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 118-122.
Lestari, D. J., Samsuri, T., & Adawiyah, S. R. (2017). Pengaruh integrasi model pembelajaran think-pair-share dengan make a match terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 5(2), 59-64.
Mardiyah, S. (2017). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25-36.
Sari, D. K. (2017). Meningkatkan hasil belajar ipa melalui model pembelajaran picture and picture dan think pair share (TPS). E-Jurnal mitra pendidikan, 1(5), 536-548.
Siburian, H. H. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas XI SMA N 3 Medan TA 2018/2019. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, A., & Wijayanti, A. (2017). Think pair share: hasil belajar IPA dan kerjasama siswa. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 51-59.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jody Sumendong, Zusje W. M. Warouw
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.