Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Berbasis Power Point di Masa Pandemi Covid 19 terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Biologi di SMP

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1294

Keywords:

problem based learning, media power point, hasil belajar

Abstract

Dunia saat ini sedang mengalami wabah covid 19 dampak dari adanya covid 19 menyebabkan proses belajar mengajar di berbagai sekolah menerapkan sistem pembelajaran secara daring dalam jaringan dan luring luar jaringan Di SMP Bintang Laut Tobelo pembelajaran masih berpusat pada guru serta guru belum menerapkan model pembelajaran yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik Guru juga belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa dalam proses pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning< em> PBL dengan media berbasis power point< em> terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA Biologi Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu bentuk non equivalent control group< em> Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA sebanyak 20 orang sebagai kelas ekperimen dan kelas VIIIB sebanyak 20 orang sebagai kelas kontrol Data penelitian ini diperoleh melalui pretest< em> dan posttest< em> Rata rata nilai dari hasil belajar siswa yang dicapai untuk kelas eksperimen yaitu 29 7 dan untuk kelas kontrol yaitu 17 95 Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung< sub> = 5 74 gt; ttabel< sub> = 2 024 maka tolak H0< sub> dan terima H1< sub> sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL dengan media berbasis power point< em> terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Biologi di SMP Bintang Laut Tobelo < p>

References

Abdulrozzak R 2016 Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia

Amalia I A 2016 Power point sebagai alternatif media pembelajaran masa kini Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial Ekonomi 3 2 127 144

Handayani D 2016 Pengaruh problem based learning PBL terhadap hasil belajar ipa siswa kelas VIII SMPN 1 Teras Boyolali Semester Genap Tahun Ajaran 2015 2016 Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Herlinda H Wsistoro E Risdianto E 2017 Pengaruh model problem based learning PBL terhadap hasil belajar kemampuan pemecahan masalah fisika dan minat belajar siswa pada materi fluida statis di SMAN 1 Lebong Sakti Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika 1 1 1 10

Hidayah R Pujiastuti P 2016 Pengaruh PBL terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif ipa pada siswa SD Jurnal Prima Edukasia 4 2 186 197

Janah M C Widodo A T Kasmui K 2018 Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 12 1 2097 2107

Kembuan G Tumbel F M Paat M 2020 Pengembangan lembar kerja siswa berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Poigar Dunia Edukasi Pendidikan IPA 1 1 24 32

Ningsih S A Rahman N A Muhammad N 2019 Pengaruh model pembelajaran problem based learning PBL terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate pada konsep gerak SAINTIFIK@ 4 2 37 42

Paat M Kawuwung F R Mokalu Y B 2021 Penerapan LKS model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi SMPN 5 Tondano JISIP Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 5 2 469 476

Tambunan R E 2013 Penerapan media powerpoint untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pengetahuan dasar teknik bangunan pada siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun Ajaran 2012 2013 Skripsi Universitas Negeri Medan

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles