Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Berbasis Power Point di Masa Pandemi Covid 19 terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Biologi di SMP
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1294Keywords:
problem based learning, media power point, hasil belajarAbstract
Dunia saat ini sedang mengalami wabah covid-19 dampak dari adanya covid-19, menyebabkan proses belajar mengajar di berbagai sekolah menerapkan sistem pembelajaran secara daring dalam jaringan dan luring luar jaringan. Di SMP Bintang Laut Tobelo, pembelajaran masih berpusat pada guru, serta guru belum menerapkan model pembelajaran yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik. Guru juga belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media berbasis power point terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA Biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu bentuk non-equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA sebanyak 20 orang sebagai kelas ekperimen dan kelas VIIIB sebanyak 20 orang sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh melalui pretest dan posttest. Rata-rata nilai dari hasil belajar siswa yang dicapai untuk kelas eksperimen yaitu 29,7 dan untuk kelas kontrol yaitu 17,95. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 5,74 > ttabel = 2,024, maka tolak H0 dan terima H1, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL dengan media berbasis power point terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Biologi di SMP Bintang Laut Tobelo.
References
Abdulrozzak, R. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Amalia, I. A. (2016). Power point sebagai alternatif media pembelajaran masa kini. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2), 127-144.
Handayani, D. (2016). Pengaruh problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar ipa siswa kelas VIII SMPN 1 Teras, Boyolali Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Herlinda, H., Wsistoro, E., & Risdianto, E. (2017). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar, kemampuan pemecahan masalah fisika dan minat belajar siswa pada materi fluida statis di SMAN 1 Lebong Sakti. Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 1-10.
Hidayah, R., & Pujiastuti, P. (2016). Pengaruh PBL terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif ipa pada siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 186-197.
Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui, K. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2097-2107.
Kembuan, G., Tumbel, F. M., & Paat, M. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Poigar. Dunia Edukasi Pendidikan IPA, 1(1), 24-32.
Ningsih, S. A., Rahman, N. A., & Muhammad, N. (2019). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate pada konsep gerak. SAINTIFIK@, 4(2), 37-42.
Paat, M., Kawuwung, F. R., & Mokalu, Y. B. (2021). Penerapan LKS model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi SMPN 5 Tondano. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(2), 469-476.
Tambunan, R. E. (2013). Penerapan media powerpoint untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pengetahuan dasar teknik bangunan pada siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Magdalena Diana Lelamula, Metilistina Sasinggala, Meike Paat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.