Pengaruh Model Pembelajaran Science Technology Society Berbasis Multiple Representation Semiotic Resources Materi Pencemaran Lingkungan di SMP

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.1478

Keywords:

science technology society, multiple representation-semiotic resources, pencemaran lingkungan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Science Technology Society < em> STS berbasis Multiple Representation Semiotic Resources< em> MR SR terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 1 Dumoga di era covid 19 Rancangan penelitian ini adalah true experimental pretest posttest control group design< em> dengan sampel kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang masing masing terdiri dari 15 siswa Data hasil penelitian menunjukan rata rata nilai pretest< em> kelas eksperimen yaitu 66 33 dan rata rata nilai posttest< em> kelas eksperimen yaitu 81 66 sedangkan rata rata nilai pretest< em> kelas kontrol yaitu 58 dan rata rata nilai posttest< em> kelas kontrol yaitu 71 33 Data analisis dengan menggunakan statistik uji t dengan nilai thitung< sub> 5 936 dan nilai ttabel< sub> 2 048 pada =5 Berdasarkan pada kriteria penerimaan Ha< sub> yaitu thitung< sub> gt;ttabel< sub> maka H0< sub> ditolak dan Ha< sub> diterima Kesimpulannya terdapat pengaruh model pembelajaran STS berbasis MR SR terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 1 Dumoga di era covid 19 < p>

References

Abdurrahman Liliasari Rusli A Waldrip B 2011 Implementasi pembelajaran berbasis multi representasi untuk peningkatan penguasaan konsep fisika kuantum Jurnal Cakrawala Pendidikan 1 1 30 45

Amilda A Nawawi S Minasari U 2017 Pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat STM terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan ekosistem kelas VII MTs Amilda 3 1 Paradigma Palembang BIOILMI: Jurnal Pendidikan 3 1 47 57

Kembuan G Tumbel F M Paat M 2020 Pengembangan lembar kerja siswa berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Poigar Dunia Edukasi Pendidikan IPA 1 1 24 32

Lestari I W P Suwito D 2016 Penerapan model pembelajaran science technology and society STS untuk meningkatkan hasil belajar mekanika teknik dan elemen mesin kelas X TPM SMK Negeri 7 Surabaya JPTM 5 1 34 39

Marwah D Wahyudin D Johan R C 2017 Efektivitas penerapan model pembelajaran Science Technology and Society STS terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi Educational Technologia 3 2 171 182

Nahdi D S Yonanda D A Agustin N F 2018 Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Jurnal Cakrawala Pendas 4 2 9 16

Rinasih R Ulfa S Sulthoni S 2018 Pengembangan mobile learning mata pelajaran biologi berbasis science technology and society STS untuk kelas X SMAN 1 Kampak Trenggalek JINOTEP Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran : Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 4 1 28 36

Santoso A M Sajidan S Sudarisman S 2013 Penerapan model science technology society melalui eksperimen lapangan dan eksperimen laboratorium ditinjau dari sikap peduli lingkungan dan kreativitas verbal siswa Inkuiri 2 3 204 215

Setiawan T Rahayu S Hikmawati H 2015 Pengaruh model pembelajaran science technology and society dengan metode diskusi terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMPN 1 Labuapi tahun ajaran 2014 2015 Jurnal Pijar Mipa 10 2 64 68

Widianingtiyas L Siswoyo S Bakri F 2015 Pengaruh pendekatan multi representasi dalam pembelajaran fisika terhadap kemampuan kognitif siswa SMA Jurnal Penelitian Pengembangan Pendidikan Fisika 1 1 31 38

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles