Pengaruh Model Pembelajaran Science Technology Society Berbasis Multiple Representation-Semiotic Resources Materi Pencemaran Lingkungan di SMP
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.1478Keywords:
science technology society, multiple representation-semiotic resources, pencemaran lingkunganAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Science Technology Society (STS) berbasis Multiple Representation-Semiotic Resources (MR-SR) terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 1 Dumoga di era covid-19. Rancangan penelitian ini adalah true experimental – pretest posttest control group design dengan sampel kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 15 siswa. Data hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen yaitu 66,33 dan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 81,66 sedangkan rata-rata nilai pretest kelas kontrol yaitu 58 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol yaitu 71,33. Data analisis dengan menggunakan statistik uji-t dengan nilai thitung 5,936 dan nilai ttabel 2,048 pada α=5%. Berdasarkan pada kriteria penerimaan Ha yaitu thitung>ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat pengaruh model pembelajaran STS berbasis MR-SR terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 1 Dumoga di era covid-19.
References
Abdurrahman, Liliasari, Rusli, A., & Waldrip, B. (2011). Implementasi pembelajaran berbasis multi representasi untuk peningkatan penguasaan konsep fisika kuantum. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 30-45.
Amilda, A., Nawawi, S., & Minasari, U. (2017). Pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan ekosistem kelas VII MTs Amilda 3 1 Paradigma Palembang. BIOILMI: Jurnal Pendidikan, 3(1), 47-57.
Kembuan, G., Tumbel, F. M., & Paat, M. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Poigar. Dunia Edukasi Pendidikan IPA, 1(1), 24-32.
Lestari, I. W. P., & Suwito, D. (2016). Penerapan model pembelajaran science, technology, and society (STS) untuk meningkatkan hasil belajar mekanika teknik dan elemen mesin kelas X TPM SMK Negeri 7 Surabaya. JPTM, 5(1), 34-39.
Marwah, D., Wahyudin, D., & Johan, R. C. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran Science Technology and Society (STS) terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Educational Technologia, 3(2), 171-182.
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9-16.
Rinasih, R., Ulfa, S., & Sulthoni, S. (2018). Pengembangan mobile learning mata pelajaran biologi berbasis science, technology, and society (STS) untuk kelas X SMAN 1 Kampak Trenggalek. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(1), 28-36.
Santoso, A. M., Sajidan, S., & Sudarisman, S. (2013). Penerapan model science technology society melalui eksperimen lapangan dan eksperimen laboratorium ditinjau dari sikap peduli lingkungan dan kreativitas verbal siswa. Inkuiri, 2(3), 204-215.
Setiawan, T., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2015). Pengaruh model pembelajaran science technology and society dengan metode diskusi terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMPN 1 Labuapi tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Pijar Mipa, 10(2), 64-68.
Widianingtiyas, L., Siswoyo, S., & Bakri, F. (2015). Pengaruh pendekatan multi representasi dalam pembelajaran fisika terhadap kemampuan kognitif siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 31-38.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Made Gita Indah Pertiwi, Cosmas Poluakan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.