Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Rita Fransisca Wudu Universitas Negeri Manado
  • Ester Caroline Wowor Universitas Negeri Manado
  • Milan Kisi Rogahang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1513

Keywords:

number heads together, bahan aditif, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran number heads together berbantuan power point dan yang diajarkan dengan model konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi bahan aditif dalam makanan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan penelitian quasi experiment bentuk nonequivalent control group design. Sampel dipilih secara acak yaitu kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dengan sampel 15 orang dan kelas VIIIB sebagai kelas ekperimen dengan sampel 15 orang. Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dengan menggunakan bantuan microsoft excel. Hasil penelitian ini diperoleh melalui pretest dan posttest yang dilakukan setelah diberi perlakuan yang dianalisis dengan statistikan uji t dengan kriteria pengujian tolak H0 apabila thitung > ttabel. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 4,98 > ttabel = 1,70 maka tolak H0 dan terima Ha. Rata-rata nilai yang dicapai untuk kelas ekperimen 73 sedangkan untuk kelas kontrol 57,5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran number heads together berbantuan power point terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan bahan aditif dalam makanan.

References

Daud, F., & Fausan, M. M. (2011). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada konsep ekosistem bagi siswa kelas VII.A, SMPN 5 Takalar. Jurnal Chemica, 12(1), 40-46.

Dewi, N. L. R. D., Gading, I. K., & Kristiantari, M. G. R. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together berbantuan media powerpoint terhadap kompetensi pengetahuan IPS kelas IV SD Negeri Gugus Tuanku Imam Bonjol Denpasar Barat. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).

Hadiyanto, F., Makmuri, M., & Anianto, T. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif (number heads together (nht) dan jigsaw) dan motivasi terhadap hasil belajar ipa terpadu siswa kelas VII di MTS Al-Badri Kalisat Kabupaten Jember. Journal of Education Technology and Inovation, 1(1), 16-23.

Kusmaliady. (2015). Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 3 Sungai Kakap. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Malakhati, S. (2014). Penerapan model numbered heads together berbantuan microsoft power point untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas IV SDN Salaman Mloyo Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A. K. (2016). Penerapan model kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan sosial budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 331-340.

Rukiah, R., & Yuliza, Y. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dengan menggunakan media power point terhadap minat dan hasil belajar kimia siswa di SMA Idhata Kota Bengkulu. Kependidikan, 2(25). 35-44.

Rusman. (2018). Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surasa, S. (2016). Meningkatkan hasil belajar fisika pada materi ajar gerak lurus dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered head together) siswa kelas X-2SMA Negeri 2 Tanjung. Jurnal Langsat, 3(2), 23-34.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles