Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.1643Keywords:
think pair share, audio visual, hasil belajar, pencemaran lingkunganAbstract
Proses pembelajaran IPA saat ini masih terfokus pada guru dimana guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi serta guru belum menggunakan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa dan hanya berfokus pada buku cetak saja sehingga menyebabkan siswa merasa bosan dalam menerima pelajaran dan berpengaruh terhadap hasil belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share< em> TPS berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 1 Tombulu Rancangan penelitian ini menggunakan pretest posttest nonequivalent control group design< em> dengan sampel kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang masing masing terdiri dari 18 siswa Data hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimen diperoleh rata rata nilai pretest< em> sebesar 56 38 dan posttest< em> sebesar 83 05 sedangkan pada kelas kontrol rata rata nilai pretest< em> diperoleh 50 28 dan posttest< em> diperoleh 67 78 Data dianalisis dengan menggunakan statistik uji t dengan nilai thitung < sub>= 6 05 gt; ttabel < sub>= 1 690 pada taraf < em>= 5 Berdasarkan kriteria maka H0< sub> ditolak dan Ha< sub> diterima Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TPS berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 1 Tombulu < p>
References
Agustin Y Trisoni R Putra A I 2019 Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square terhadap hasil belajar siswa materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada kelas VIII SMP Negeri 1 Batusangkar Proceeding IAIN Batusangkar 3 2 47 58
Anggraini M Yacob F Hidayat M 2019 Desain media audio visual pada pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia tingkat SMP di kecamatan Sukamakmur dan Kuta Malaka Prosiding Biotik 6 1 772 777
Handayani R D Yanti Y 2017 Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar PKn siswa di kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 4 2 107 123
Haryoko S 2009 Efektivitas pemanfaatan media audio visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran Jurnal Edukasi Elektro 5 1 1 10
Lestari D J Samsuri T Adawiyah S R 2017 Pengaruh integrasi model pembelajaran think pair share dengan make a match terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram 5 2 59 64
Ni mah A Dwijananti P 2014 Penerapan model pembelajaran Think Pair Share TPS dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas VIII MTs Nahdlatul Muslimin Kudus UPEJ Unnes Physics Education Journal 3 2 18 25
Nurrita T 2018 Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa MISYKAT: Jurnal Ilmu ilmu Al Quran Hadist Syari ah dan Tarbiyah 3 1 171 210
Paat M Kawuwung F R Mokalu Y B 2021 Penerapan LKS model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi SMPN 5 Tondano JISIP Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 5 2 469 476
Patandean S 2017 Penerapan Model pembelajaran Think Pair Share TPS dengan peta konsep pada materi sistem peredaran darah manusia dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Satap Tondano Skripsi Universitas Negeri Manado
Pratama O I 2019 Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share TPS terhadap hasil belajar IPA peserta didik SMP Amal Bhakti Lampung Selatan pada materi energi Skripsi UIN Raden Intan Lampung
Sugiyono 2016 Metode penelitian pendidikan Bandung: Alfabeta
Tumewu W A Wowor E C Rogahang M K 2020 Efektivitas Environmental Learning Bagi Mahasiswa JISIP Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 4 4 325 329
