Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan

Authors

  • Rosinta S. Solung Universitas Negeri Manado
  • Meike Paat Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.1643

Keywords:

think pair share, audio visual, hasil belajar, pencemaran lingkungan

Abstract

Proses pembelajaran IPA saat ini masih terfokus pada guru, dimana guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi serta guru belum menggunakan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa dan hanya berfokus pada buku cetak saja sehingga menyebabkan siswa merasa bosan dalam menerima pelajaran dan berpengaruh terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 1 Tombulu. Rancangan penelitian ini menggunakan pretest posttest nonequivalent control group design dengan sampel kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 18 siswa. Data hasil penelitian menunjukkan, pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 56,38 dan posttest sebesar 83,05 sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata nilai pretest diperoleh 50,28 dan posttest diperoleh 67,78. Data dianalisis dengan menggunakan statistik uji t dengan nilai thitung = 6,05 > ttabel = 1,690 pada taraf α = 5%. Berdasarkan kriteria, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TPS berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 1 Tombulu.

References

Agustin, Y., Trisoni, R., & Putra, A. I. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square terhadap hasil belajar siswa materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada kelas VIII SMP Negeri 1 Batusangkar. Proceeding IAIN Batusangkar, 3(2), 47-58.

Anggraini, M., Yacob, F., & Hidayat, M. (2019). Desain media audio-visual pada pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia tingkat SMP di kecamatan Sukamakmur dan Kuta Malaka. Prosiding Biotik, 6(1), 772-777.

Handayani, R. D., & Yanti, Y. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar PKn siswa di kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 107-123.

Haryoko, S. (2009). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 1-10.

Lestari, D. J., Samsuri, T., & Adawiyah, S. R. (2017). Pengaruh integrasi model pembelajaran think-pair-share dengan make a match terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 5(2), 59-64.

Ni'mah, A., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas VIII MTs. Nahdlatul Muslimin Kudus. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(2), 18-25

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.

Paat, M., Kawuwung, F. R., & Mokalu, Y. B. (2021). Penerapan LKS model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi SMPN 5 Tondano. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(2), 469-476.

Patandean, S. (2017). Penerapan Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan peta konsep pada materi sistem peredaran darah manusia dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Satap Tondano. Skripsi. Universitas Negeri Manado.

Pratama, O. I. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar IPA peserta didik SMP Amal Bhakti Lampung Selatan pada materi energi. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tumewu, W. A., Wowor, E. C., & Rogahang, M. K. (2020). Efektivitas Environmental Learning Bagi Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(4), 325-329.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles