Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1691Keywords:
think pair share, hasil belajar IPA, sistem ekskresi manusiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar IPA pada materi sistem ekskresi manusia di kelas VIII SMP Negeri 2 Melonguane. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental design yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Melonguane tahun ajaran 2020/2021 dan sampel penelitian ini terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas VIIIA dengan jumlah 15 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB dengan jumlah 14 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian hasil belajar berupa tes hasil belajar berbentuk essay yang berjumlah 9 item soal yang hasilnya valid dan reliabel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian pre-test dan post-test kemudian selanjutnya dianalisis menggunakan statistik uji t dengan bantuan SPSS 26. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) ˂ 0,05, yang artinya terdapat pengaruh antara hasil belajar pada kelas ekperimen dan kelas kontrol, yaitu dengan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 84,67 dan kelas kontrol 70,50, maka tolak H0 dan terima H1. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar IPA pada materi sistem ekskresi manusia.
References
Handayani, R. D., & Yanti, Y. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar PKN siswa di kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 107-123.
Hartini, H., Maharani, Z. Z., & Rahman, B. (2016). Penerapan model pembelajaran think-pair-share untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 131-135.
Herawati, (2010). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep sistem ekskresi manusia MTsN I Tangerang. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Kasimuddin, K. (2016). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika. 4(1). 54-72.
Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 43-63.
Marlina, M., Hajidin, H., & Ikhsan, M. (2014). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa di SMA Negeri 1 Bireuen. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 83-95.
Saputri, F. N. (2016). Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar IPA siswa tunanetra di SMPLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(1), 1-8.
Sugiyono, (2014). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Model penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1-11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Weidi Barneci Sonobe Tegine, Jovialine A. Rungkat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.