Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Menggunakan Teknik Provokasi Pada Materi Pemanasan Global Model Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.2538

Keywords:

kemampuan berpikir kreatif, teknik provokasi, problem based learning, pemanasan global

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa saat ini yang tergolong rendah disebabkan oleh pembelajaran IPA yang masih sedikit menstimulasi ke arah peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa Siswa lebih banyak dalam posisi penerima informasi dan kurang aktif dalam pembelajaran Tidak ada waktu siswa secara mandiri untuk mengadakan penyelidikan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan teknik provokasi pada materi pemanasan global model pembelajaran Problem Based Learning< em> PBL Responden penelitian adalah siswa SMP kelas VII dengan pengambilan sampel secara purposive sampling< em> sebanyak 2 kelas masing masing kelas VII A berjumlah 10 siswa dan kelas VII B berjumlah 10 siswa Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif pre experimental< em> dengan desain one group pretest posttest design< em> Pengumpulan data melalui penilaian validasi pakar lembar penilaian berpikir kreatif dan dokumentasi Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penelitian teknik provokasi pada pembelajaran pemanasan global sangat valid dan reliabel kemampuan fluency< em> meningkat 35 13 klasikal dengan lt;g gt; = 0 11 rendah kemampuan flexibility< em> meningkat 234 61 klasikal dengan lt;g gt; = 0 22 rendah kemampuan originality< em> meningkat 142 klasikal dengan lt;g gt; = 0 60 sedang dan pola peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa: originality gt; flexibility gt; fluency< em> Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan teknik provokasi pada materi pemanasan global model pembelajaran PBL mengalami peningkatan dengan peningkatan terbesar pada aspek originality< em> < p>

References

Abdurrozak R Jayadinata A K Atun I 2016 Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa Jurnal Pena Ilmiah 1 1

Amir M T 2010 Inovasi pendidikan melalui problem based learning : Bagaimana pendidikan memberdayakan pemelajar di era pengetahuan Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Arikunto S 2010 Manajemen penelitian Jakarta: Rineka Cipta

Borich G D 1994 Observation skill for effective teaching New York: Macmillan Publishing Co

De Bono E 1995 Exploring patterns of thought: Serious creativity Journal for Quality and Participation 18 5 12 18

Florida R Mellander C King K 2015 The global creativity index 2015 Martin Prosperity Institute

Hake R R 1998 Interactive engagement versus traditional methods: A six thousand student survey of mechanics test data for introductory physics courses American journal of Physics 66 1 64 74

Harahap F 2019 Model pembelajaran construction deconstruction reconstruction provocation CDR Po untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran sains SMP Disertasi tidak diterbitkan Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

Huang K S Wang T P 2012 Applying problem based learning PBL in University English translation classes The Journal of International Management Studies 7 1 121 127

Nasution P R 2017 Perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional di SMPN 4 Padangsidimpuan Jurnal Paidagogeo 2 1 46 62

Ogunyemi A O 2010 Provocation and emotional mastery techniques as strategies for fostering creative thinking competence among Nigerian adolescents Journal of Social Sciences 22 1 25 32

Pisa O E C D 2016 Results Volume I : Excellence and equity in education Paris: PISA OECD Publishing

Purnamaningrum A Dwiastuti S Probosari R M Noviawati 2012 Peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui problem based learning PBL pada pembelajaran biologi siswa kelas X 10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011 2012 Jurnal Pendidikan Biologi 4 3 39 51

Putra T T 2012 Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran berbasis masalah Jurnal Pendidikan Matematika 1 1 22 26

Ramdani A Artayasa I P 2020 Keterampilan berpikir kreatif mahasiswa dalam pembelajaran ipa menggunakan model inkuiri terbuka Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 8 1 1 9

Trijaya R 2020 October Pengaruh model pbl terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari kemandirian belajar siswa In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar

Utomo T Wahyuni D Hariyadi S 2014 Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah problem based learning terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa siswa kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012 2013 Jurnal Edukasi 1 1 5 9

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles