Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Menggunakan Teknik Provokasi Pada Materi Pemanasan Global Model Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • I Made Era Wijaya Universitas Negeri Manado
  • Fransiska Harahap Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.2538

Keywords:

kemampuan berpikir kreatif, teknik provokasi, problem based learning, pemanasan global

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa saat ini yang tergolong rendah disebabkan oleh pembelajaran IPA yang masih sedikit menstimulasi ke arah peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Siswa lebih banyak dalam posisi penerima informasi dan kurang aktif dalam pembelajaran. Tidak ada waktu siswa secara mandiri untuk mengadakan penyelidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan teknik provokasi pada materi pemanasan global model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Responden penelitian adalah siswa SMP kelas VII dengan pengambilan sampel secara purposive sampling sebanyak 2 kelas, masing-masing kelas VII-A berjumlah 10 siswa dan kelas VII-B berjumlah 10 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif pre-experimental dengan desain one group pretest posttest design. Pengumpulan data melalui penilaian validasi pakar, lembar penilaian berpikir kreatif dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penelitian teknik provokasi pada pembelajaran pemanasan global sangat valid dan reliabel, kemampuan fluency meningkat 35,13% (klasikal) dengan <g> = 0,11 (rendah), kemampuan flexibility meningkat 234,61% (klasikal) dengan <g> = 0,22 (rendah), kemampuan originality meningkat 142% (klasikal), dengan <g> = 0,60 (sedang), dan pola peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa: originality > flexibility > fluency. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan teknik provokasi pada materi pemanasan global model pembelajaran PBL mengalami peningkatan, dengan peningkatan terbesar pada aspek originality.

References

Abdurrozak, R., Jayadinata, A. K., & Atun, I. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Amir, M.T. (2010). Inovasi pendidikan melalui problem based learning : Bagaimana pendidikan memberdayakan pemelajar di era pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, S. (2010). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Borich, G.D. (1994). Observation skill for effective teaching. New York: Macmillan Publishing Co.

De Bono, E. (1995). Exploring patterns of thought: Serious creativity. Journal for Quality and Participation, 18(5), 12-18.

Florida, R., Mellander, C., & King, K. (2015). The global creativity index 2015. Martin Prosperity Institute.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74.

Harahap, F. (2019). Model pembelajaran construction deconstruction reconstruction – provocation (CDR-Po) untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran sains SMP. Disertasi tidak diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Huang, K. S., & Wang, T. P. (2012). Applying problem-based learning (PBL) in University English translation classes. The Journal of International Management Studies, 7(1), 121-127.

Nasution, P. R. (2017). Perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional di SMPN 4 Padangsidimpuan. Jurnal Paidagogeo, 2(1), 46-62.

Ogunyemi, A. O. (2010). Provocation and emotional mastery techniques as strategies for fostering creative thinking competence among Nigerian adolescents. Journal of Social Sciences, 22(1), 25-32.

Pisa, O. E. C. D. (2016). Results (Volume I): Excellence and equity in education. Paris: PISA, OECD Publishing.

Purnamaningrum, A., Dwiastuti, S, Probosari R. M, & Noviawati. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui problem based learning (PBL) pada pembelajaran biologi siswa kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(3), 39-51.

Putra, T. T. (2012). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 22-26.

Ramdani, A., & Artayasa, I. P. (2020). Keterampilan berpikir kreatif mahasiswa dalam pembelajaran ipa menggunakan model inkuiri terbuka. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 1-9.

Trijaya, R. (2020, October). Pengaruh model pbl terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari kemandirian belajar siswa. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa (siswa kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1), 5-9.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles