Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Pada Materi Objek IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Remboken

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.2669

Keywords:

student teams achievement division, objek IPA, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division< em> terhadap hasil belajar siswa Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Remboken pada kelas VII tahun ajaran 2020 2021 Penelitian ini menerapkan metode penelitian eksperimen Sampel yang digunakan yaitu kelas VII A terdiri dari 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII B terdiri dari 24 siswa sebagai kelas kontrol Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dengan instrumen berupa soal essay< em> Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata hasil belajar kelas eksperimen 78 41 sedangkan nilai rata rata kelas kontrol 74 91 Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan 0 05 dan diperoleh hasil thitung < sub> 2 08 gt; ttabel< sub> 1 68 sehingga H0< sub> ditolak dan H1< sub> diterima Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division< em> terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Remboken pada materi objek IPA < p>

References

Cahyani D A M Kusmariyatni N Suwatra I I W 2017 Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar pkn siswa kelas iv sd MIMBAR PGSD Undiksha 5 2

Esminarto E Sukowati S Suryowati N Anam K 2016 Implementasi model STAD dalam meningkatkan hasil belajar siwa BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual 1 1 16 23

Kusumawardani N Siswanto J Purnamasari V 2018 Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad berbantuan media poster terhadap hasil belajar peserta didik Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 2 2 170 174

Nurlatifah A Ambarwati S 2017 Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division stad terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari keaktifan siswa Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 4 2 48 54

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Prananda G 2019 Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad dalam pembelajaran ipa siswa kelas v sd Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 6 2 122 130

Purwaningsih S 2018 Pengaruh keaktifan dan motivasi terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad materi turunan fungsi pada siswa kelas xi is 2 sma n 15 semarang Jurnal Karya Pendidikan Matematika 5 2 63 67

Sagala S 2003 Konsep dan makna pembelajaran Bandung: Alfabeta

Sardiman A M 2011 Interaksi motivasi belajar mengajar Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sari I P 2017 Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division stad terhadap hasil belajar ipa materi energi siswa kelas iv sdn kedung sugo ii prambon sidoarjo INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 1 45 59

Slameto 2010 Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhi Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono 2014 Metodologi penelitian pendidikan pendekatan kualitatif kuantitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Sugiyono 2015 Metode Penelitian Kombinasi Mix Methods Bandung: Alfabeta

Trianto 2010 Mendesain model pembelajaran inovatif progresif Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Warta I W Yudana M Natajaya N 2013 Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap prestasi belajar ips ditinjau dari konsep diri akademik siswa kelas viii smpn 3 sukawati Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia 4 1 1 11

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles