Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Pada Materi Objek IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Remboken
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.2669Keywords:
student teams achievement division, objek IPA, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Remboken pada kelas VII tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menerapkan metode penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII A terdiri dari 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII B terdiri dari 24 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dengan instrumen berupa soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 78,41 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 74,91. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05 dan diperoleh hasil thitung (2,08) > ttabel (1,68) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Remboken pada materi objek IPA.
References
Cahyani, D. A. M., Kusmariyatni, N., & Suwatra, I. I. W. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar pkn siswa kelas iv sd. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi model STAD dalam meningkatkan hasil belajar siwa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16-23.
Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad berbantuan media poster terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170-174.
Nurlatifah, A., & Ambarwati, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (stad) terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari keaktifan siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2), 48-54.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Prananda, G. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad dalam pembelajaran ipa siswa kelas v sd. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 122-130.
Purwaningsih, S. (2018). Pengaruh keaktifan dan motivasi terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad materi turunan fungsi pada siswa kelas xi is 2 sma n 15 semarang. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 63-67.
Sagala, S. (2003). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sari, I. P. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (stad) terhadap hasil belajar ipa materi energi siswa kelas iv sdn kedung sugo ii prambon-sidoarjo. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 45-59.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2014). Metodologi penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Warta, I. W., Yudana, M., & Natajaya, N. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap prestasi belajar ips ditinjau dari konsep diri akademik siswa kelas viii smpn 3 sukawati. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1), 1-11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yunita S. Senggaweeng, Ferdy Dungus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.