Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.2711

Keywords:

model artikulasi, media konkret, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri Adow Pinolosian pada materi struktur dan fungsi tumbuhan melalui penerapan model pembelajaran artikulasi berbantuan media konkret Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas classroom action research< em> model Kemmis amp; McTaggart yang berlangsung dalam dua siklus Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi Subyek penelitian ini berjumlah 26 siswa kelas VIII Pengumpulan data penelitian menggunakan lembar tes untuk menilai hasil belajar IPA siswa dan lembar observasi untuk menilai aktivitas belajar siswa Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif Hasil analisis data menunjukan bahwa skor rata rata hasil belajar IPA siswa pada pra siklus adalah 55 dengan ketuntasan belajar 27 meningkat pada siklus I yaitu skor rata rata hasil belajar IPA siswa 67 dengan ketuntasan belajar 42 selanjutnya semakin meningkat pada siklus II yaitu skor rata rata hasil belajar IPA siswa 82 dengan ketuntasan belajar 100 Selain itu aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup mengalami peningkatan pada siklus II sehingga aktivitas belajar siswa berada pada kategori sangat baik Berdasarkan data penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran artikulasi berbantuan media konkret pada materi struktur dan fungsi tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri Adow Pinolosian < p>

References

Adilah N 2017 Perbedaan hasil belajar IPA melalui penerapan metode mind berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran artikulasi berbantuan media konkret pada materi struktur dan fungsi tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri Adow PinolosianMap dengan Metode Ceramah Indonesian Journal of Primary Education IJPE 1 1 98 103

Arikunto S 2013 Dasar dasar evaluasi pendidikan Jakarta: Bumi Aksara

Arsita D R Dibia I K Sukmana A I W I Y 2020 Peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran group investigation berbantuan media konkret Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 4 2 262 269

Darmada K 2017 Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together NHT untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa Daiwi Widya: Jurnal Pendidikan FKIP UNPAS 4 3 1 11

Ferdian F Arifin Z 2019 Penerapan metode artikulasi sebagai upaya peningkatan pemahaman siswa: studi tindakan kelas pada siswa kelas X IPA 2 MA Al Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri el Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 1 1 17 29

Huda M 2013 Model model pengajaran dan pembelajaran Yogyakarta: PT Pustaka Belajar Offset

Ibrahim R Syaodih N 2010 Perencanaan pengajaran Jakarta: Rineka Cipta

Kemmis S McTaggart R 1988 The action research planner 3rd ed Geelong: Deakin University

Kiftiyah Sutarto Gani A A 2021 Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar listrik dinamis dengan model creative problem solving CPS disertai metode demonstrasi siswa kelas X 2 SMAN 1 Pakusari Jember tahun 2014 Jurnal Pembelajaran Fisika 3 3 294 300

Nabillah T Abadi A P 2019 Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2 1 659 663

Pese H Lamba H A Ali M 2013 Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada kelas VIIIB SMP Negeri 2 Marawola Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako JPFT 1 1 42 47

Prasetyo D H 2020 Analisis model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar IPA Tulisan Ilmiah Pendidikan Tulip 9 2 12 24

Rindiantika E S Yarmaidi Miswar D 2017 Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi untuk meningkatkan aktivitas motivasi dan hasil belajar Jurnal Penelitian Geografi 5 3 1 9

Satriani M Ramli 2018 Upaya meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi berbantuan media visual pada peserta didik kelas IV SDN 5 Panarung Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017 2018 Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4 1 11 17

Shoimin A 2014 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013 Jakarta: PT Ar Ruzz Media

Sholihah A Kurniawan R 2016 Analisis pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar Jurnal Pendidikan Ekonomi JUPE 4 3 1 5

Suarjana I M Riastini N P N Pustika I G N Y 2017 Penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media konkret untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar International Journal of Elementary Education IJEE 1 2 103 114

Sukaesih I Khairani 2020 An application of articulation learning models to improve students learning outcome of geographic at SMAN 1 Pinggir International Journal of Educational Dynamics 2 2 48 56

Yastiari I D M 2019 Penerapan model pembelajaran artikulasi dengan media gambar guna meningkatkan prestasi belajar IPA International Journal of Elementary Education 3 4 431 438

Zainal N F 2020 Pengukuran assessment dan evaluasi dalam pembelajaran matematika LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika 3 1 8 26

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles