Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMP Negeri 2 Sinonsayang
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.2807Keywords:
reciprocal teaching, kemampuan berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 2 Sinonsayang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian pretest non equivalen control grup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sinonsayang tahun ajaran 2020/2021, sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas VIIIC dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian kemampuan berpikir kritis berupa tes belajar berbentuk essay yang berjumlah 6 item soal yang telah di validasi ahli. Teknik pengumpulan data adalah pemberian pretest dan posttest kemudian selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil perhitungan memperoleh nilai thitung = 408,066. Nilai ini kemudian dikonfirmasikan terhadap nilai ttabel yaitu 2,007 pada α= 0,05. Berdasarkan hasil ini, maka H0 di tolak, sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching.
References
Adiwijaya, H., Suarsini, E., & Lukiati, B. (2016). Penerapan pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta konsep untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(12), 2379-2387.
Mustofa, R. F. & Sucianti, F. (2019). The effect of reciprocal teaching learning on critical thinking ability. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(2), 131-140.
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl. Journal of Primary Education, 6(1), 35-43.
Nurfuadina. (2015). Kemampuan berpikir kritis matematika melalui model reciprocal teaching di kelas xi siswa sma negeri 1 tanah jambo aye aceh utara. Skripsi. Universitas Syiah Kuala.
Septiasari, P., Dantes, N., & Suastra, W. (2020). Pengaruh model reciprocal teaching berbasis pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ipa kelas v. Jurnal PENDASI, 4(1), 85-94.
Sugiyono, (2014). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2018). Model penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Y. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran model reciprocal teaching bernuansa pendidikan karakter pada materi trigonometri untuk meningkatkan kemampuan komuniasi matematis. Jurnal Euclid, 6(1), 107-116.
Umam, K. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pembelajaran reciprocal teaching. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 57-61.
Warouw, Z. W. (2016). Pembelajaran reciprocal teaching dan metakognitif (rtm) yang memberdayakan keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi siswa smp. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 162-171.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Stevi Olivia Paat, Zusje W. M. Warouw, Meike Paat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.