Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMP Negeri 2 Sinonsayang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.2807

Keywords:

reciprocal teaching, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model reciprocal teaching< em> terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 2 Sinonsayang Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu quasi experiment< em> dengan desain penelitian pretest non equivalen< em> control grup desain< em> Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sinonsayang tahun ajaran 2020 2021 sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas VIIIC dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol Instrumen penelitian kemampuan berpikir kritis berupa tes belajar berbentuk essay< em> yang berjumlah 6 item< em> soal yang telah di validasi ahli Teknik pengumpulan data adalah pemberian pretest < em>dan posttest < em>kemudian selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t Hasil perhitungan memperoleh nilai thitung = < sub>408 066 Nilai ini kemudian dikonfirmasikan terhadap nilai ttabel < sub>yaitu 2 007 pada = 0 05 Berdasarkan hasil ini maka H0 < sub>di tolak sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching < em>< p>

References

Adiwijaya H Suarsini E Lukiati B 2016 Penerapan pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta konsep untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian dan Pengembangan 1 12 2379 2387

Mustofa R F Sucianti F 2019 The effect of reciprocal teaching learning on critical thinking ability Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 9 2 131 140

Nugraha A J Suyitno H Susilaningsih E 2017 Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl Journal of Primary Education 6 1 35 43

Nurfuadina 2015 Kemampuan berpikir kritis matematika melalui model reciprocal teaching di kelas xi siswa sma negeri 1 tanah jambo aye aceh utara Skripsi Universitas Syiah Kuala

Septiasari P Dantes N Suastra W 2020 Pengaruh model reciprocal teaching berbasis pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ipa kelas v Jurnal PENDASI 4 1 85 94

Sugiyono 2014 Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif R D Bandung: Alfabeta

Sugiyono 2018 Model penelitian pendidikan Bandung: Alfabeta

Susanto Y 2019 Pengembangan perangkat pembelajaran model reciprocal teaching bernuansa pendidikan karakter pada materi trigonometri untuk meningkatkan kemampuan komuniasi matematis Jurnal Euclid 6 1 107 116

Umam K 2018 Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pembelajaran reciprocal teaching Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia 3 2 57 61

Warouw Z W 2016 Pembelajaran reciprocal teaching dan metakognitif rtm yang memberdayakan keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi siswa smp Jurnal Ilmu Pendidikan 17 2 162 171

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles