Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tondano

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.2884

Keywords:

kecerdasan emosional, hasil belajar

Abstract

Keseimbangan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional merupakan salah satu kunci keberhasilan belajar di sekolah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa IPA kelas VII SMP Negeri 2 Tondano Sampel pada penelitian ini adalah siswa IPA kelas VII SMP Negeri 2 Tondano Variabel pada penelitian ini ada dua yaitu variabel X kecerdasan emosional dan variabel Y hasil belajar mahasiswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasional dengan teknik korelasional Hasil penelitian dari perhitungan analisis korelasi product moment< em> diperoleh rxy< sub> rhitung< sub> 49 76 dan rtabel< sub> 0 103 dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa rxy< sub> rhitung< sub> lebih besar dari rtabel< sub> pada tingkat kesalahan 5 yang berarti bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa IPA kelas VII SMP Negeri 2 Tondano < p>

References

Arikunto S 2010 Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek Jakarta: Rineka Cipta

Defila D Muslimin M Saehana S 2014 Hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Palu JPFT Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online 2 2 29 35

Fadhilah N Mukhlis A M A 2021 Hubungan lingkungan keluarga interaksi teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa Jurnal Pendidikan 22 1 15 31

Fauziah F 2015 Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa semester II Bimbingan Konseling UIN Ar Raniry JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 1 1 90 98

Giddens A 2003 Runaway world: Bagaimana globalisasi merombak kehidupan kita Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Goleman D 2000 Kecerdasan emosional Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Lince R 2011 Hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 5 Mengkendek AgroSainT UKI Toraja 2 3 169 174

Romas M Z 2007 Kecerdasan emosi inteligensi dan prestasi belajar siswa sekolah menengah atas Jurnal Psikologi 3 1 1 9

Sugiyono 2017 Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Sukriadi S Basir A Rusdiana R 2016 Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi sudut dan garis di kelas VII MTs Normal Islam Samarinda JPMI Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia 1 2 65 73

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles