Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.2884Keywords:
kecerdasan emosional, hasil belajarAbstract
Keseimbangan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional merupakan salah satu kunci keberhasilan belajar di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa IPA kelas VII SMP Negeri 2 Tondano. Sampel pada penelitian ini adalah siswa IPA kelas VII SMP Negeri 2 Tondano. Variabel pada penelitian ini ada dua yaitu variabel X (kecerdasan emosional) dan variabel Y (hasil belajar mahasiswa). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasional dengan teknik korelasional. Hasil penelitian dari perhitungan analisis korelasi product moment diperoleh rxy (rhitung) 49,76 dan rtabel 0,103 dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa rxy (rhitung) lebih besar dari rtabel pada tingkat kesalahan 5% yang berarti bahwa, terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa IPA kelas VII SMP Negeri 2 Tondano.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Defila, D., Muslimin, M., & Saehana, S. (2014). Hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 2(2), 29-35.
Fadhilah, N., & Mukhlis, A. M. A. (2021). Hubungan lingkungan keluarga, interaksi teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 15-31.
Fauziah, F. (2015). Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa semester II Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 90-98.
Giddens A. (2003). Runaway world: Bagaimana globalisasi merombak kehidupan kita. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, D. (2000). Kecerdasan emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Lince, R. (2011). Hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 5 Mengkendek. AgroSainT UKI Toraja, 2(3), 169-174.
Romas, M. Z. (2007). Kecerdasan emosi, inteligensi, dan prestasi belajar siswa sekolah menengah atas. Jurnal Psikologi, 3(1), 1-9.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukriadi, S., Basir, A., & Rusdiana, R. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi sudut dan garis di kelas VII MTs Normal Islam Samarinda. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 65-73.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yustiyanto Puji, Anneke T. Rondonuwu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.