Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran IPA di SMP pada Materi Sistem Ekskresi Manusia
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.3084Keywords:
multimedia interaktif, game edukasi, media pembelajaran, sistem ekskresi pada manusiaAbstract
Penggunaan media belajar yang kurang inovatif membuat timbulnya kejenuhan pada peserta didik dalam pembelajaran, oleh karena materi tidak dikemas dengan menarik dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPA di SMP. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall dengan 7 langkah yaitu: 1) perencanaan, 2) studi eksplorasi, 3) pengembangan bentuk awal, 4) instrumen pengumpulan dan analisis data, 5) validasi, 6) revisi berdasarkan hasil validasi, 7) desiminasi produk. Multimedia interaktif ini dikemas dengan menggunakan microsoft powerpoint. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket. Hasil multimedia ini selanjutnya divalidasi oleh ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran dan dilakukan uji lapangan kelompok kecil untuk melihat respon peserta didik. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan skor 70 dengan persentase 87,5% pada kriteria sangat baik dan hasil validasi dari ahli media pembelajaran menunjukan skor 71 dengan persentase 88,8% pada kriteria sangat baik. Hasil tersebut menandakan multimedia yang dikembangkan ini valid dan layak untuk diujicobakan di lapangan dan peneliti melakukan uji lapangan dengan melibatkan 7 peserta didik di SMP Katolik Gonzaga Tomohon. Setiap peserta didik mencapai kriteria baik dan sangat baik. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa multimedia yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA di SMP.References
Ahmadi, R. (2014). Pengantar pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Arifin, T., Rosidin, U., & Wahyudi, I. (2015). Pengembangan media sains berbasis game edukasi pada materi tata surya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(2), 135-146.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (edisi revisi). Rineka Cipta: Jakarta.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52.
Manurung, P. (2020). Multimedia interaktif sebagai media pembelajaran pada masa pandemi covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1-12.
Monemi, R. L., & Lufri, I. L. (2017). Pengembangan multimedia interaktif berbasis power point disertai game kuis course maze pada materi sistem ekskresi untuk peserta didik kelas viii smp. Berkala Ilmiah Bidang Biologi, 1(2), 252-262.
Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia interaktif berbasis game edukasi sebagai media pembelajaran materi sistem pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141-151.
Rogahang, M. (2016). Pengembangan pembelajaran ipa terpadu dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dipadukan dengan portofolio untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Manado.
Rohayati, Y., Astra, I. B., & Suwiwa, I. G. (2018). Pengembangan multimedia interaktif berbasis game edukasi materi kesehatan pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan rekreasi. Jurnal Ika, 16(1), 33-43.
Sihite, M.O.P., & Anistyasari, Y. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi “ snake and ladder” pada mata pelajaran animasi 2d di smk negeri 12 surabaya. Jurnal Information Technology and Education, 4(52), 126-131.
Siregar, N., Sutopo, H., & Paat, M. (2019). Mobile multimedia-based batakologi learning model development. J. Mobile Multimedia, 15(4), 271-288.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: PT Alfabeta.
Wijayanti, R. N. (2019). Pengembangan multimedia interaktif powerpoint materi sistem ekskresi kelas xi mipa man kota palangka raya. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gledys Novia Bari, Metilistina Sasinggala

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.