Efektivitas Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Materi Sistem Ekskresi Manusia Pada Siswa SMP Negeri 1 Tutuyan

Authors

  • Rini Abram Universitas Negeri Manado
  • Anneke T. Rondonuwu Universitas Negeri Manado
  • Widya Anjelia Tumewu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.4042

Keywords:

POGIL, sistem ekskresi manusia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) materi sistem ekskresi manusia pada siswa SMP Negeri 1 Tutuyan. Metode penelitian quasi experimental dan rancangan penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol,yang masing-masing terdiri dari 20 siswa. Data hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 83,5 sedangkan pada kelas kontrol 72,5. Data hasil analisis dengan menggunakan statistik uji-t dengan nilai thitung 3,015 dan nilai ttabel 1,685 pada taraf α = 5%. Berdasarkan pada kriteria penerimaan Hα yaitu thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Hα diterima. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL materi sistem ekskresi manusia pada siswa SMP Negeri 1 Tutuyan efektif lebih tinggi hasil belajarnya dibandingkan dengan model konvensional.

References

Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Devi, E. K., Sulistri, E., & Rosdianto, H. (2019). Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (pogil) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi hukum archimedes. Konstan (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika), 4(2), 78-88.

Fitriani, R. (2019). Pengaruh pembelajaran process oriented guided inquiry learning (pogil) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Malik, A., Oktaviani, V., Handayani, W., & Chusni, M. M. (2017). Penerapan model process oriented guided inquiry learning (pogil) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. JPPPF (Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika), 3(2), 127-136.

Manampiring, G. V., Santoso, I., & Kapahang, A. (2019). Penerapan metode pogil pada materi konsep mol di kelas x ipa sma negeri 2 langowan. Oxygenius (Journal of Chemistry Education), 1(2), 72-76.

Rahayu, D. P., & Pamelasari, S. D. (2015). Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inquiry learning terhadap kemampuan berpikir kritispeserta didik pada materi perubahan benda. Unnes Science Education Journal, 4(3), 936-944.

Rahayu, N. (2019). Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inqury learning (pogil) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik di smp al-huda jati agung lampung selatan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Riadi, M. (2021). Model pembelajaran POGIL (definisi, tujuan, siklus dan tahapan). Diakses 9 mei 2022, dari https://www.kajianpustaka.com/2021/05/model-pembelajaran-pogil.html

Sumiati, S. (2018). Peranan guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Tarbawi (Jurnal Pendidikan Agama Islam), 3(2), 145-164.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles