Efektivitas Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning POGIL Materi Sistem Ekskresi Manusia Pada Siswa SMP Negeri 1 Tutuyan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.4042

Keywords:

POGIL, sistem ekskresi manusia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning< em> POGIL materi sistem ekskresi manusia pada siswa SMP Negeri 1 Tutuyan Metode penelitian quasi experimental < em>dan rancangan penelitian yang digunakan adalah non< em> equivalent control group design< em> Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang masing masing terdiri dari 20 siswa Data hasil penelitian menunjukkan rata rata nilai posttest < em>hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 83 5 sedangkan pada kelas kontrol 72 5 Data hasil analisis dengan menggunakan statistik uji t dengan nilai thitung< sub> 3 015 dan nilai ttabel< sub> 1 685 pada taraf = 5 Berdasarkan pada kriteria penerimaan H < sub> yaitu thitung< sub> gt; ttabel< sub> maka H0< sub> ditolak dan H < sub>diterima Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL materi sistem ekskresi manusia pada siswa SMP Negeri 1 Tutuyan efektif lebih tinggi hasil belajarnya dibandingkan dengan model konvensional < p>

References

Aunurrahman 2016 Belajar dan Pembelajaran Bandung: Alfabeta

Devi E K Sulistri E Rosdianto H 2019 Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inquiry learning pogil terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi hukum archimedes Konstan Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika 4 2 78 88

Fitriani R 2019 Pengaruh pembelajaran process oriented guided inquiry learning pogil terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Malik A Oktaviani V Handayani W Chusni M M 2017 Penerapan model process oriented guided inquiry learning pogil untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik JPPPF Jurnal Penelitian Pengembangan Pendidikan Fisika 3 2 127 136

Manampiring G V Santoso I Kapahang A 2019 Penerapan metode pogil pada materi konsep mol di kelas x ipa sma negeri 2 langowan Oxygenius Journal of Chemistry Education 1 2 72 76

Rahayu D P Pamelasari S D 2015 Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inquiry learning terhadap kemampuan berpikir kritispeserta didik pada materi perubahan benda Unnes Science Education Journal 4 3 936 944

Rahayu N 2019 Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inqury learning pogil terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik di smp al huda jati agung lampung selatan Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Riadi M 2021 Model pembelajaran POGIL definisi tujuan siklus dan tahapan Diakses 9 mei 2022 dari https: www kajianpustaka com 2021 05 model pembelajaran pogil html

Sumiati S 2018 Peranan guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Tarbawi Jurnal Pendidikan Agama Islam 3 2 145 164

Sugiyono 2016 Metode penelitian pendidikan Bandung: Alfabeta

Susanto A 2013 Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar Jakarta: Prenadamedia Group

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles