Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Negeri 1 Tutuyan
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.4062Keywords:
sains teknologi masyarakat, hasil belajar IPA, pencemaran lingkunganAbstract
Proses pembelajaran IPA saat ini masih terfokus pada guru dimana guru belum menggunakan pendekatan pembelajaran yang membuat siswa aktif sehingga siswa merasa bosan ketika belajar IPA dan berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap hasil belajar IPA materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan quasi experimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan terambil 2 kelas dengan jumlah masing-masing 20 siswa, kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest sebelum proses pembelajaran dilaksanakan dan posttest setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian diperoleh berupa nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen adalah 84 sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata hasil posttest adalah 70,75. Setelah di uji hipotesis (uji-t) diperoleh hasil thitung = 8,99 > ttabel = 1,685 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan STM lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional.
References
Ali, L. U., Suastra, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2013). Pengelolaan pembelajaran IPA ditinjau dari hakikat sains pada SMP di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA Indonesia, 3(1), 1-11.
Asmirani, U., Amali, P., & Asrizal. (2013). Pengaruh LKS berbasis sains teknologi masyarakat terhadap kompetensi siswa dalam pembelajaran IPA fisika di kelas VIII SMPN 1 Kubung kabupaten Solok. Pillar of Physics Education, 1(1), 85-90.
Aswadi. (2017). Penerapan sains teknologi masyarakat pada (STM) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VII MTs Nurul Ilmi Ranggagata Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.
Budi, A. P. S., Sunarno, W., & Sugiyarto. (2018, May). Natural science modules with SETS approach to improve students’ critical thinking ability. In Journal of Physics: Conference Series, 1022 (1), 012015 IOP Publishing.
Desrinelti, D., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Efektivitas pendekatan science technology community (STM) untuk meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial sekolah dasar. JRTI (jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 29-33.
Hadawiyah, R., Adnyana, P. B., & Warpala, I. S. (2019). Efektivitas penerapan pendekatan STM dalam pembelajaran IPA terhadap pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan kelas VII di SMP Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 6(2), 52-61.
Hunaepi, Samsuri, T., Asy’ari, M., & Sukaisih, R. (2014). Sains teknologi masyarakat: strategi pendekatan dan model pembelajaran. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.
Mun'im, A., Yunus, S. R., & Aksa, A. (2019). Pengaruh pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene (studi pada materi pokok pesawat sederhana). Jurnal IPA Terpadu, 3(1), 31-38.
Riyadi, I. P., Prayitno, B. A., & Marjono. (2015). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi sistem koordinasi untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 80-93.
Sopwan, I. D. (2022). Pengaruh pendekatan science technology society (STS) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di SMP IT Ma’arif Al Ghozali. SINAU: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, 8(1), 1-13.
Suarni, G. L., Rizka, M. A., & Zinnurain, Z. (2021). Analisis pengaruh penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Paedagogy, 8(1), 31-38.
Sugiono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suteja, I. P., & Wijayanti, A. (2017). Pendekatan sains teknologi masyarakat terhadap hasil belajar ipa kelas VII. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(1), 1-6.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fadila Mahmud, Ni Wayan Suriani, Ester Caroline Wowor
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.