Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat STM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Negeri 1 Tutuyan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.4062

Keywords:

sains teknologi masyarakat, hasil belajar IPA, pencemaran lingkungan

Abstract

Proses pembelajaran IPA saat ini masih terfokus pada guru dimana guru belum menggunakan pendekatan pembelajaran yang membuat siswa aktif sehingga siswa merasa bosan ketika belajar IPA dan berpengaruh terhadap hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat STM terhadap hasil belajar IPA materi pencemaran lingkungan Metode yang digunakan quasi experimental design< em> dengan desain penelitian nonequivalent control group design< em> Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 3 kelas Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling< em> dan terambil 2 kelas dengan jumlah masing masing 20 siswa kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest< em> sebelum proses pembelajaran dilaksanakan dan posttest< em> setelah proses pembelajaran dilaksanakan Hasil penelitian diperoleh berupa nilai rata rata hasil posttest< em> kelas eksperimen adalah 84 sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata rata hasil posttest< em> adalah 70 75 Setelah di uji hipotesis uji t diperoleh hasil thitung< sub> = 8 99 gt; ttabel< sub> = 1 685 maka H0< sub> ditolak dan Ha< sub> diterima Sehingga disimpulkan bahwa rata rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan STM lebih tinggi dibandingkan dengan rata rata hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional < p>

References

Ali L U Suastra I W Sudiatmika A A I A R 2013 Pengelolaan pembelajaran IPA ditinjau dari hakikat sains pada SMP di Kabupaten Lombok Timur Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA Indonesia 3 1 1 11

Asmirani U Amali P Asrizal 2013 Pengaruh LKS berbasis sains teknologi masyarakat terhadap kompetensi siswa dalam pembelajaran IPA fisika di kelas VIII SMPN 1 Kubung kabupaten Solok Pillar of Physics Education 1 1 85 90

Aswadi 2017 Penerapan sains teknologi masyarakat pada STM untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VII MTs Nurul Ilmi Ranggagata Tahun Pelajaran 2016 2017 Skripsi Universitas Islam Negeri UIN Mataram

Budi A P S Sunarno W Sugiyarto 2018 May Natural science modules with SETS approach to improve students critical thinking ability In Journal of Physics: Conference Series 1022 1 012015 IOP Publishing

Desrinelti D Firman F Desyandri D 2021 Efektivitas pendekatan science technology community STM untuk meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial sekolah dasar JRTI jurnal Riset Tindakan Indonesia 6 1 29 33

Hadawiyah R Adnyana P B Warpala I S 2019 Efektivitas penerapan pendekatan STM dalam pembelajaran IPA terhadap pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan kelas VII di SMP Negeri 3 Singaraja Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha 6 2 52 61

Hunaepi Samsuri T Asy ari M Sukaisih R 2014 Sains teknologi masyarakat: strategi pendekatan dan model pembelajaran Mataram: Duta Pustaka Ilmu

Mun im A Yunus S R Aksa A 2019 Pengaruh pendekatan sains teknologi masyarakat STM terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene studi pada materi pokok pesawat sederhana Jurnal IPA Terpadu 3 1 31 38

Riyadi I P Prayitno B A Marjono 2015 Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing guided inquiry pada materi sistem koordinasi untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013 2014 Jurnal Pendidikan Biologi 7 2 80 93

Sopwan I D 2022 Pengaruh pendekatan science technology society STS terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di SMP IT Ma arif Al Ghozali SINAU: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora 8 1 1 13

Suarni G L Rizka M A Zinnurain Z 2021 Analisis pengaruh penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap hasil belajar siswa Jurnal Paedagogy 8 1 31 38

Sugiono 2016 Metode penelitian pendidikan Bandung: Alfabeta

Suprihatiningrum J 2013 Strategi pembelajaran teori dan aplikasi Jogjakarta: Ar Ruzz Media

Suteja I P Wijayanti A 2017 Pendekatan sains teknologi masyarakat terhadap hasil belajar ipa kelas VII Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 4 1 1 6

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles