Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.4114Keywords:
E-LKPD, Pembelajaran IPA, Pencemaran LingkunganAbstract
Pembelajaran IPA harus memperhatikan bahan ajar dan media belajar. Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) dapat mempermudah peserta didik untuk belajar secara mandiri dan memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis problem based learning dalam pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano dan untuk mengetahui kelayakan E-LKPD berbasi problem based learning pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan desember-april 2022. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 3 Tondano. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan angket. Berdasarkan data hasil penelitian yaitu: (1) menghasilkan produk pembelajaran berupa E-LKPD berbasis problem based learning dalam pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano, (2) E-LKPD layak digunakan dengan perolehan presentase keseluruhan aspek ahli materi 95% dan ahli media sebesar 90% dikualifikasikan “Sangat Layak” dan oleh respon peserta didik sebagai pengguna sebesar 91% serta respon guru sebagai pengguna sebesar 87%, sehingga kelayakan E-LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.References
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Khairiyah, U. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK Dan FPB Pada Siswa Kelas IV Di SD/Mi Lamongan. Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2), 197-204.
Nurkholis, N. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44.
Purnama, S. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran bahasa Arab). Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 19-32.
Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Jawa Barat: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Sari, D. N. I., Budiarso, A. S., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Tingking Skil (HOTS) Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(3), 3699-3712.
Sari, M. M., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berorientasi Higher Order Thinking Skills di Sekolah Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) , 4(2), 106-123.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Surani, E. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Representasi Ganda Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Dididk SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 22.
Zulkarnain, A. D., & Jatmikowati, T. E. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbantuan adobe flash CS6 berbasis android pokok bahasan segitiga. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 3(1)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Ketut Weni, Meike Paat, Widya Anjelia Tumewu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.