Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik E LKPD Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.4114Keywords:
E-LKPD, Pembelajaran IPA, Pencemaran LingkunganAbstract
Pembelajaran IPA harus memperhatikan bahan ajar dan media belajar Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik E LKPD dapat mempermudah peserta didik untuk belajar secara mandiri dan memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran < span>< div> Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E LKPD berbasis problem based learning< em> dalam pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano dan untuk mengetahui kelayakan E LKPD berbasi problem based learning< em> pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development R amp;D < em>dengan model pengembangan Borg and Gall Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan desember april 2022 Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 3 Tondano Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan angket Berdasarkan data hasil penelitian yaitu: 1 menghasilkan produk pembelajaran berupa E LKPD berbasis problem based learning < em>dalam pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano 2 E LKPD layak digunakan dengan perolehan presentase keseluruhan aspek ahli materi 95 dan ahli media sebesar 90 dikualifikasikan Sangat Layak dan oleh respon peserta didik sebagai pengguna sebesar 91 serta respon guru sebagai pengguna sebesar 87 sehingga kelayakan E LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori Sangat Baik < span>< div>References
Arikunto S 2016 Dasar dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara
Khairiyah U 2019 Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK Dan FPB Pada Siswa Kelas IV Di SD Mi Lamongan Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 5 2 197 204
Nurkholis N 2013 Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi Jurnal Kependidikan 1 1 24 44
Purnama S 2016 Metode penelitian dan pengembangan pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran bahasa Arab Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan 4 1 19 32
Riduwan 2016 Skala Pengukuran Variabel variabel Penelitian Jawa Barat: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia IKAPI
Sari D N I Budiarso A S Wahyuni S 2022 Pengembangan E LKPD Berbasis Problem Based Learning PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Tingking Skil HOTS Pada Pembelajaran IPA Jurnal Basicedu 6 3 3699 3712
Sari M M Pamungkas A S Alamsyah T P 2020 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berorientasi Higher Order Thinking Skills di Sekolah Dasar SJME Supremum Journal of Mathematics Education 4 2 106 123
Sugiyono 2015 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Surani E 2018 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik LKPD Berbasis Representasi Ganda Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Dididk SMA Jurnal Pendidikan Fisika 7 2 22
Zulkarnain A D Jatmikowati T E 2018 Pengembangan media pembelajaran berbantuan adobe flash CS6 berbasis android pokok bahasan segitiga Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika 3 1
