Identifikasi Keterampilan Literasi Sains Siswa Pada Materi Asam Basa
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.4190Keywords:
literasi sains, konsep asam basaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan literasi sains pada konsep asam basa Penelitian ini dilakukan pada 121 siswa MIA Madrasah Aliyah Penelitian ini adalah penelitian yang berbasis analisis kualitatif yang menggambarkan hasil penelitian dengan menggunakan instrumen tes literasi sains Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan menganalisis literasi pada tingkat pengetahuan prosedural paling tinggi dibandingkan dengan tingkat kemampuan lainnya Sedangkan untuk kemampuan berpikir kreatif kritis serta inovatif siswa terlihat bahwa siswa memiliki kemampuan tersebut pada taraf sedang Disimpulkan bahwa siswa memiliki kemampuan menganalisis literasi pada tingkat pengetahuan prosedural yang paling tinggi dibandingkan dengan tingkat kemampuan lainnya < p>
References
Aryani A K Suwono H Parno 2016 Profil kemampuan literasi sains siswa SMPN 3 Batu In Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM Vol 1 pp 847 855 Universitas Negeri Malang
Azizah D N Irwandi D Saridewi N 2021 Pengaruh model pembelajaran problem based learning berkonteks socio scientific issues terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi asam basa Jurnal Riset Pendidikan Kimia JRPK 11 1 12 18
Cahyana U Kadir A Gherardini M 2017 Relasi kemampuan berpikir kritis dalam kemampuan literasi sains pada siswa kelas IV sekolah dasar Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan 26 1 14 22
El Islami R A Z Nahadi N Permanasari A 2015 Hubungan literasi sains dan kepercayaan diri siswa pada konsep asam basa Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA 1 1 16 25
Eviani Utami S Sabri T 2020 Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains IPA kelas V SD Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 1 2 1 13
Fauziah N Hakim A Andayani Y 2019 Meningkatkan literasi sains peserta didik melalui pembelajaran berbasis masalah berorientasi green chemistry pada materi laju reaksi Jurnal Pijar MIPA 14 2 31 35
Hastuti P W 2013 Integrative Science untuk mewujudkan 21st century skill dalam pembelajaran IPA SMP In Prosiding Seminar Nasional MIPA Universitas Negeri Yogyakarta
Hidayah N N Wiyanto W Sopyan A 2017 Analisis kemampuan berpikir deduksi hipotesis terhadap pemahaman konsep rangkaian resistor pada listrik arus searah Physics Communication 1 1 34 42
Kurnia F Zulherman Fathurohman A 2014 Analisis bahan ajar fisika SMA kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara berdasarkan kategori literasi sains Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika 1 1 43 47
Muhajir S Rohaeti E 2015 Perbedaan penerapan model pembelajaran STS dan CTL terhadap literasi sains dan prestasi belajar IPA Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 3 2 143 155
Permanasari A 2011 Pembelajaran sains: Wahana potensial untuk membelajarkan soft skill dan karakter In Seminar Nasional Pendidikan IPA Universitas Lampung
Priatmoko S Saptorini Diniy H H 2012 Penggunaan media sirkuit cerdik berbasis chemo edutainment dalam pembelajaran larutan asam basa Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1 1 37 42
Prihatiningsih Zubaidah S Kusairi S 2016 Kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi klasifikasi makhluk hidup In Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM Vol 1 pp 1053 1062 Universitas Negeri Malang
Puspendik Kemdikbud 2017 Materi pendukung literasi sains Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Toharudin U Hendrawati S Rustaman A 2011 Membangun literasi sains peserta didik Bandung: Humaniora
Wefusa 2015 New vision for education unlocking the potential of technology Switzerland: World Economic Forum
Winarti W Liliawati W Rusnayati H Sari I M 2016 Literasi sains siswa smp di kota Bandung pada tema alam semesta In Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM Vol 1 pp 501 505 Universitas Negeri Malang
