Identifikasi Keterampilan Literasi Sains Siswa Pada Materi Asam Basa

Authors

  • Rahmad Djatmiko MA Islamiyah Attanwir Bojonegoro
  • Khoiro Mahbubah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.4190

Keywords:

literasi sains, konsep asam basa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan literasi sains pada konsep asam basa. Penelitian ini dilakukan pada 121 siswa MIA Madrasah Aliyah. Penelitian ini adalah penelitian yang berbasis analisis kualitatif yang menggambarkan hasil penelitian dengan menggunakan instrumen tes literasi sains. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan menganalisis literasi pada tingkat pengetahuan prosedural paling tinggi dibandingkan dengan tingkat kemampuan lainnya. Sedangkan untuk kemampuan berpikir kreatif, kritis serta inovatif siswa, terlihat bahwa siswa memiliki kemampuan tersebut pada taraf sedang. Disimpulkan bahwa siswa memiliki kemampuan menganalisis literasi pada tingkat pengetahuan prosedural yang paling tinggi dibandingkan dengan tingkat kemampuan lainnya.

References

Aryani, A., K., Suwono, H., & Parno. (2016). Profil kemampuan literasi sains siswa SMPN 3 Batu. In Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM, (Vol. 1, pp. 847-855). Universitas Negeri Malang.

Azizah, D. N., Irwandi, D., & Saridewi, N. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berkonteks socio scientific issues terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi asam basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 11(1), 12-18.

Cahyana, U., Kadir, A., & Gherardini, M. (2017). Relasi kemampuan berpikir kritis dalam kemampuan literasi sains pada siswa kelas IV sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 14-22.

El Islami, R. A. Z., Nahadi, N., & Permanasari, A. (2015). Hubungan literasi sains dan kepercayaan diri siswa pada konsep asam basa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 16-25.

Eviani, Utami, S., & Sabri, T. (2020). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains IPA kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-13.

Fauziah, N., Hakim, A., & Andayani, Y. (2019). Meningkatkan literasi sains peserta didik melalui pembelajaran berbasis masalah berorientasi green chemistry pada materi laju reaksi. Jurnal Pijar MIPA, 14(2), 31-35.

Hastuti, P. W. (2013). Integrative Science untuk mewujudkan 21st century skill dalam pembelajaran IPA SMP. In Prosiding Seminar Nasional MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hidayah, N. N., Wiyanto, W., & Sopyan, A. (2017). Analisis kemampuan berpikir deduksi hipotesis terhadap pemahaman konsep rangkaian resistor pada listrik arus searah. Physics Communication, 1(1), 34-42.

Kurnia, F., Zulherman, & Fathurohman, A. (2014). Analisis bahan ajar fisika SMA kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara berdasarkan kategori literasi sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43-47.

Muhajir, S., & Rohaeti, E. (2015). Perbedaan penerapan model pembelajaran STS dan CTL terhadap literasi sains dan prestasi belajar IPA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3(2), 143-155.

Permanasari, A. (2011). Pembelajaran sains: Wahana potensial untuk membelajarkan soft skill dan karakter. In Seminar Nasional Pendidikan IPA. Universitas Lampung.

Priatmoko, S., Saptorini, & Diniy, H. H. (2012). Penggunaan media sirkuit cerdik berbasis chemo-edutainment dalam pembelajaran larutan asam basa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 37-42.

Prihatiningsih, Zubaidah, S., & Kusairi, S. (2016). Kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi klasifikasi makhluk hidup. In Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM. (Vol. 1, pp. 1053-1062). Universitas Negeri Malang.

Puspendik Kemdikbud. (2017). Materi pendukung literasi sains. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora.

Wefusa. (2015). New vision for education unlocking the potential of technology. Switzerland: World Economic Forum.

Winarti, W., Liliawati, W., Rusnayati, H., & Sari, I. M. (2016). Literasi sains siswa smp di kota Bandung pada tema alam semesta. In Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM. (Vol. 1, pp. 501-505). Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles