Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Pada Siswa Kelas VII SMP GPdI Berea Tondano

Authors

  • Sundari Natalia Br Barus Universitas Negeri Manado
  • Metilistina Sasinggala Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.4346

Keywords:

hasil belajar, aktivitas belajar, inquiry

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik setelah menggunkaan model pembelajaran inquiry pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di kelas VII SMP GPdI Berea Tondano. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquiry diharapkan dapat mengasah kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan suatu masalah dalam pembelajaran. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil belajar pada siklus I sebanyak 6 dari 10 peserta didik telah mencapai nilai KKM yang di tetapkan di sekolah yaitu 65 dengan persentase sebesar 60 % sedangkan 4 peserta didik belum mencapai nilai KKM yang di tentukan. Siklus II, 9 dari 10 peserta didik telah tuntas dengan persentase 90 % sedangkan yang belum tuntas 1 peserta didik sehingga pembelajaran pada siklus II berhasil. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 58,33% sedangkan aktivitas belajar pada siklus II mencapai 79,16 % sesuai dengan kriteria aktivitas belajar > 68% dengan kategori aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di kelas VII SMP GPdI Berea Tondano.

References

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pilar MIPA, 13(2), 94-99.

Arifuddin, M. (2018). Meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ipa dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 130-141.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Genesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Fenica, I. Muderawan, I. W. & Widiartini, P. (2017). Implementasi model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 1-6.

Lovisia, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. SPEJ (Science and Physic Education Jurnal), 2(1), 1-10.

Martini, N. P. S. A. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar ipa peserta didik. Jurnal IKA, 17(1), 96-108.

Muchindasari, D. (2016). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII-B SMPN 4 Madium. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 4(1), 19-25.

Nurhidayati, S., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2015). Pengaruh metode inkuiri terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa. Jurnal Kependidikan, 14(3), 285-294.

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran berbasis proyek membuat ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk meningkatkan academic skill pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 231-238.

Setiawan, J., & Royani, M. (2013). Kemampuan berpikir kritis siswa smp dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan metode inkuiri. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-9.

Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., & Adiarta, A. (2019). Filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara (tokoh timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124-136.

Trianto, M. P. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ulansari, P.T., Ansori, I., & Yennita, Y. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Diklabio: Junal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 27-33.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301.

Yunita, E. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing topik klasifikasi makhluk hidup di smp. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(1), 282-292.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles