Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Pada Siswa Kelas VII SMP GPdI Berea Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.4346Keywords:
hasil belajar, aktivitas belajar, inquiryAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik setelah menggunkaan model pembelajaran inquiry< em> pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di kelas VII SMP GPdI Berea Tondano Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquiry< em> diharapkan dapat mengasah kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan suatu masalah dalam pembelajaran Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas PTK yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil belajar pada siklus I sebanyak 6 dari 10 peserta didik telah mencapai nilai KKM yang di tetapkan di sekolah yaitu 65 dengan persentase sebesar 60 sedangkan 4 peserta didik belum mencapai nilai KKM yang di tentukan Siklus II 9 dari 10 peserta didik telah tuntas dengan persentase 90 sedangkan yang belum tuntas 1 peserta didik sehingga pembelajaran pada siklus II berhasil Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 58 33 sedangkan aktivitas belajar pada siklus II mencapai 79 16 sesuai dengan kriteria aktivitas belajar gt; 68 dengan kategori aktif Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry< em> dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di kelas VII SMP GPdI Berea Tondano < p>
References
Amijaya L S Ramdani A Merta I W 2018 Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik Jurnal Pilar MIPA 13 2 94 99
Arifuddin M 2018 Meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ipa dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 6 1 130 141
Arikunto S 2013 Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik Jakarta: Rineka Cipta
Ekayani P 2017 Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Genesha Singaraja 2 1 1 11
Fenica I Muderawan I W Widiartini P 2017 Implementasi model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran kimia Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 1 1 1 6
Lovisia E 2018 Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar SPEJ Science and Physic Education Jurnal 2 1 1 10
Martini N P S A 2019 Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar ipa peserta didik Jurnal IKA 17 1 96 108
Muchindasari D 2016 Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII B SMPN 4 Madium JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 4 1 19 25
Nurhidayati S Zubaidah S Indriwati S E 2015 Pengaruh metode inkuiri terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa Jurnal Kependidikan 14 3 285 294
Purbosari P M 2016 Pembelajaran berbasis proyek membuat ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam IPA untuk meningkatkan academic skill pada mahasiswa Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 6 3 231 238
Setiawan J Royani M 2013 Kemampuan berpikir kritis siswa smp dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan metode inkuiri EDU MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 1 1 1 9
Sugiarta I M Mardana I B P Adiarta A 2019 Filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara tokoh timur Jurnal Filsafat Indonesia 2 3 124 136
Trianto M P 2009 Mendesain model pembelajaran inovatif progresif tingkat satuan pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Ulansari P T Ansori I Yennita Y 2018 Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Diklabio: Junal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 2 1 27 33
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301
Yunita E 2016 Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing topik klasifikasi makhluk hidup di smp JINoP Jurnal Inovasi Pembelajaran 2 1 282 292
