Implementasi Pembelajaran STEM Terhadap Keterampilan Komunikasi Oral pada Materi Genetika

Authors

  • Meliyana Aini Universitas Lambung Mangkurat
  • Mellyatul Aini Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.8189

Keywords:

pembelajaran STEM, keterampilan komunikasi oral, genetika

Abstract

Implementasi pembelajaran STEM di proses pembelajaran saat ini sangat membantu dalam meningkatkan keterampilan Abad 21 mahasiswa. Salah satu keterampilan Abad 21 yaitu keterampilan komunikasi. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis pembelajaran STEM terhadap keterampilan komunikasi oral mahasiswa dalam pokok bahasan genetika. Metode yang digunakan mixed method (kuantitatif dan kualitatif). Subjek penelitian yaitu mahasiswa jenjang Strata 1, Jurusan Pendidikan IPA yang menempuh mata kuliah Biologi Umum 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata keseluruhan keterampilan komunikasi oral mahasiswa dalam kategori baik sekali dengan rerata 81,55%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran STEM dalam meningkatkan keterampilan komunikasi oral siswa dengan sangat baik.

References

Aini, M., Aini, M., Yunitasari, I., & Ridianingsih, D. S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(2), 61-66.

Aini, M., Ridianingsih, D. S., & Yunitasari, I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Berbasis STEM terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 247-253.

Aini, M., & Aini, M. (2023). Enhancing Creative Thinking And Communication Skills Through Engineering Design Process (EDP) Learning Model: A Case Study. BIOEDUKASI, 21(1), 21-27

Caine, M., Horié, N., Zuchuat, S., Weber, A., Ducret, V., Linder, P. & Perron, K. (2015). A3D-DNA Molecule Made of Play Mais. Science Activities, 52(2), 31–44

Cedere, D., Jurgena, I., Birzina, R., & Kalnina, S. (2022). Prospective Pre-School Teachers’ Views On Stem Learning In Grade 9: The Principle Of Continuity In Education. Problems of Education in the 21st Century, 80(1), 69

Eroğlu, S., & Bektaş, O. (2021). High School Students’ Views on the 5E-Based STEM Learning Strategies. Acta Didactica Napocensia, 14(2), 203-215

Hilao-Valencia, P. M., & Ortega-Dela Cruz, R. A. (2023). Appreciative Inquiry Approach and Its Effects on English Oral Communication Skills of Teacher Education Students. MEXTESOL Journal, 47(1)

Issa, B.A. (2018). The Effect of Facebook Activities on Enhancing Oral Communication Skills for EFL Learners. International Education Studies, 11(5), 144-153

Kilic, D. M. (2021). What do Students Really Understand? Secondary Education Students’ Conceptions of Genetics. Science Insights Education Frontiers, 10(2), 1405-1422

Mandeville, D. S., Ho, T. K., & Valdez, L. A. (2017). The Effect of Problem Based Learning on Undergraduate Oral Communication Competency. Journal of College Teaching & Learning, 14(1), 1-10.

Osman, A., Huriye, D.C., Hasan, G. (2022). Isi Kursus yang Dirancang Sesuai Dengan Model Pengajaran 5E dalam Ruang Lingkup Pendekatan Pembelajaran STEM dalam Lingkungan Kursus Pendidikan: Rumah Kaca Cerdas Saya. Jurnal Studi Pendidikan Eropa, 9(4), 274-295

Widoyo, E. P. (2012). Research Instrument Preparation Techniques. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wijaya, A. D,. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Pada Kurikulum Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya

Yakisan, M. (2016). Are the Genetic Materials of Gametes and Somatic Cells Different? The Conceptions of Pre-Service Teachers. International Journal of Environmental & Science Education, 11(4), 409-420

Yang, D., & Sally, J. B. (2020). Using Technology to Support Student Learning in an Integrated STEM Learning Environment. International Journal of Technology in Education and Science, 4(1), 1-11

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles