Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Laju Reaksi

Authors

  • Rahmad Djatmiko Madrasah Aliyah Islamiyah Attanwir
  • Khoiro Mahbubah Universitas Islam Lamongan image/svg+xml
  • Agus Santoso Universitas Islam Lamongan image/svg+xml
  • Silvi Rosiva Rosdiana Universitas Islam Lamongan image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.8373

Keywords:

laju reaksi, problem based learning, metode eksperimen, pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik terkait materi laju reaksi melalui penerapan problem based learning< em> dengan menggunakan metode eksperimen Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus Teknik analisis data menggunakan gain score< em> Hasil yang diperoleh yaitu adanya peningkatan pemahaman konsep peserta didik terhadap materi laju reaksi Rata rata hasil pemahaman konsep peserta didik pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 6 94 Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan pemahaman konsep terkait materi laju reaksi oleh peserta didik < p>

References

Arikunto S Suhardjono Supardi 2010 Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Aksara

Djatmiko R Mahbubah K 2022 Identifikasi Keterampilan Literasi Sains Siswa Pada Materi Asam Basa SCIENING: Science Learning Journal 3 1 59 63

Faizah S M 2020 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Soft Skill dan Pemahaman Konsep Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2 2 120 128

Heinich R Molenda M Russell James D 1989 Instructional Media and The New Technologies of Instruction New York: Macmillan Publishing Company

Hermita N Putra Z H Alim J A Fitriani M Nasien D Mahbubah K 2022 Analysis of the Among System Based Discovery and Inquiry Learning Models Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education Jtlee 5 2 216 224

Jayadiningrat M G Ati E K 2018 Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Pada Mata Pelajaran Kimia Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 2 1 1 7

Jusnita N Ismail A 2018 Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di SMP Kota Ternate Edukasi 16 1 1 10

Mahbubah K Habibulloh M Hermita N Samsudin A 2020 October Measuring Critical Thinking based Multimedia on Buoyant Force Concept: A Preliminary Design In Journal of Physics: Conference Series Vol 1655 No 1 p 012112 IOP Publishing

Mujakir Rusydi 2019 Pembelajaran Kimia Inovatif untuk Melatih Peserta didik Menjelaskan Masalah Jurnal Ilmiah Didakta: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran 20 1 38 57

Noviyani A Maison M Syaiful S 2021 The influence of PJBL Stem and PBL based on the learning motivation of the students on the mathematical creative thinking skills Psychology Evaluation and Technology in Educational Research 4 1 25 35

Purwanto E 2011 Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran: Aplikasi dalam Bidang Studi Geografi Malang: Universitas Negeri Malang

Rahmasari R 2016 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Basic Education 5 36 3 456

Rahmawati I 2022 Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Materi Bentuk Pecahan Journal of Education Research 3 2 62 70

Redhana I W 2019 Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran Kimia Jurnal Inovasi Pedidikan Kimia 13 2 2239 2253

Rosdiana S R Sutopo S Kusairi S 2019 Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Fluida Statis Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian Dan Pengembangan 4 6 731

Saharsa U Q 2018 Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Jurnal Pendidikan Fisika 6 2 57 64

Trianto 2007 Model Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik Jakarta: Prestasi Pustaka

Wirata I N 2019 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Jurnal pendidikan dan pembelajaran IPA Indonesia 9 3 139 145

Wulandari D 2013 Peningkatan Motivasi dan Pemahaman Siswa Melalui Metode Course Review Horay pada Materi Lingkaran Kelas VIIIA SMPN Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2012 2013 Jurnal Malang: Universitas Negeri Malang

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles