Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Laju Reaksi

Authors

  • Rahmad Djatmiko Madrasah Aliyah Islamiyah Attanwir
  • Khoiro Mahbubah Universitas Islam Lamongan
  • Agus Santoso Universitas Islam Lamongan
  • Silvi Rosiva Rosdiana Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.8373

Keywords:

laju reaksi, problem based learning, metode eksperimen, pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik terkait materi laju reaksi melalui penerapan problem based learning dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan gain score. Hasil yang diperoleh yaitu adanya peningkatan pemahaman konsep peserta didik terhadap materi laju reaksi. Rata-rata hasil pemahaman konsep peserta didik pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,94. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan pemahaman konsep terkait materi laju reaksi oleh peserta didik.

References

Arikunto, S, Suhardjono & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Aksara.

Djatmiko, R., & Mahbubah, K. (2022). Identifikasi Keterampilan Literasi Sains Siswa Pada Materi Asam Basa. SCIENING: Science Learning Journal, 3(1), 59-63.

Faizah, S. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Soft Skill dan Pemahaman Konsep. . Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2(2), 120-128.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, & James, D. (1989). Instructional Media and The New Technologies of Instruction. New York: Macmillan Publishing Company.

Hermita, N., Putra, Z. H., Alim, J. A., Fitriani, M., Nasien, D., & Mahbubah, K. (2022). Analysis of the Among System-Based Discovery and Inquiry Learning Models. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education (Jtlee), 5(2), 216-224.

Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1-7.

Jusnita, N., & Ismail, A. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di SMP Kota Ternate. Edukasi, 16(1), 1-10.

Mahbubah, K., Habibulloh, M., Hermita, N., & Samsudin, A. (2020, October). Measuring Critical Thinking based Multimedia on Buoyant Force Concept: A Preliminary Design. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1655, No. 1, p. 012112). IOP Publishing.

Mujakir, & Rusydi. (2019). Pembelajaran Kimia Inovatif untuk Melatih Peserta didik Menjelaskan Masalah. Jurnal Ilmiah Didakta: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 20(1), 38-57.

Noviyani, A., Maison, M., & Syaiful, S. (2021). The influence of PJBL-Stem and PBL-based on the learning motivation of the students on the mathematical creative thinking skills. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 4(1), 25-35.

Purwanto, E. (2011). Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran: Aplikasi dalam Bidang Studi Geografi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Basic Education, 5(36), 3-456.

Rahmawati, I. (2022). Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Materi Bentuk Pecahan. Journal of Education Research, 3(2), 62-70.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pedidikan Kimia, 13(2), 2239-2253.

Rosdiana, S. R., Sutopo, S., & Kusairi, S. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 731.

Saharsa, U. Q. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 57–64.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wirata, I. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal pendidikan dan pembelajaran IPA Indonesia, 9(3), 139-145.

Wulandari, D. (2013). Peningkatan Motivasi dan Pemahaman Siswa Melalui Metode Course Review Horay pada Materi Lingkaran Kelas VIIIA SMPN Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal. Malang: Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles