Kemampuan Model Pembelajaran Inovatif Construction Deconstruction Reconstruction Provocation CDR Po Memicu Indikator Keterampilan Berpikir Kreatif Fluency
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.8472Keywords:
model CDR-Po, berpikir kreatif, fluencyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan model pembelajaran inovatif Construction Deconstruction Reconstruction Provocation < em> CDR Po memicu keterampilan berpikir kreatif fluency< em> Indikator fluency< em> merujuk pada kemampuan untuk menghasilkan banyak ide relevan atau jumlah dari respon berbeda Pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dengan one group pre test post test design< em> Responden penelitian sebanyak 89 siswa kelas VII secara purposive sampling< em> Model pembelajaran CDR Po diterapkan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam IPA meliputi topik karakteristik zat; unsur senyawa dan campuran; asam basa dan garam; serta pemisahan campuran Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan jumlah ide relevan yang dihasilkan siswa setelah penerapan pembelajaran menggunakan model CDR Po sebanyak 2 771 persen Konversi jumlah ide menjadi skor fluency< em> menunjukkan peningkatan skor fluency< em> sangat besar mencapai 1 764 persen Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran inovatif CDR Po sangat berpotensi memicu indikator kemampuan berpikir kreatif fluency < em>< p>
References
Amabile T M 2013 Componential Theory of Creativity Encyclopedia of Management Theory Kessler E H Ed Boston: Sage Publications
Arsiadi M Istiyono E 2020 Exploration of Creative Thinking Skills of Students in Physics Learning Journal of Educational Science and Technology 6 2 151 158
Birgili B 2015 Creative and Critical Thinking Skills in Problem based Learning Environments Journal of Gifted Education and Creativity 2 2 71 80
DeHaan R L Teaching Creative Science Thinking Science Education Vol 334 2011 Diakses 16 Desember 2023 dari www sciencemag org
Fatmawati B Jannah B M Maya S 2022 Students Creative Thinking Ability Through Creative Proble Solving based Learning Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 8 4 2090 2094
Fletcher T S 2011 Creative thinking in schools: Finding the just right challenge for students Gifted Child Today 34 2 37 42
Harahap F 2019 Model Pembelajaran Construction Deconstruction Reconstruction Provocation CDR Po untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Sains SMP Disertasi Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
Madyani I Yamtinah S Utomo S B 2019 Profile of Creative Thinking Skills on Junior High School Students in Science Learning by Gender Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains 8 2 119 130
Moreno R 2010 Educational Psychology NJ: John Wiley Sons
Slavin R E 2006 Educational Psychology Theory and Practice 8th Ed Boston: Pearson Education Inc
Treffinger D J Young G C Selby E C Shepardson C 2002 Assessing Creativity: A Guide for Educators Florida: The National Research Center on The Gifted and Talented
Trilling B Fadel C 2009 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times San Fransisco C A: John Wiley Sons Inc
