Minat Belajar Mahasiswa dalam Penggunaan Infografis Sebagai Media Pembelajaran IPA Pada Pembelajaran Daring

Authors

  • Widya Anjelia Tumewu Universitas Negeri Manado
  • Ester Caroline Wowor Universitas Negeri Manado
  • Yohanes Bery Mokalu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.6641

Keywords:

media infografis, minat belajar, pembelajaran daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat mahasiswa IPA dalam pembelajaran daring dengan menggunakan infografis sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan IPA Universitas Negeri Manado. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian sebanyak 30 orang mahasiswa IPA yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media infografis saat pembelajaran daring. Data dalam penelitian ini diperoleh dari angket minat belajar yang disebarkan di akhir semester dan diukur menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 7 item pernyataan diperoleh hasil persentase berkisar pada interval 81%-100%, yang artinya responden sangat berminat sedangkan 3 item pernyataan lainnya berada pada kisaran interval 61%-80%, yang artinya responden memiliki minat belajar dengan kategori berminat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan infografis sebagai media pembelajaran IPA pada pembelajaran daring dapat mendorong minat belajar mahasiswa.

References

Andriani, D., Prasetyo, K. H., & Astutiningtyas, E. L. (2021). Respon siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan (daring) pada mata pelajaran matematika. Absis: Mathematics Education Journal, 2(1), 24.

Damyanov, I., & Tsankov, N. (2018). The role of infographics for the development of skills for cognitive modeling in education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 13(1), 82-92.

Dewi, A. C., Adi, E. P., & Abidin, Z. (2021). Pengembangan infografis melalui instagram sebagai penguatan pemahaman pokok bahasan sistem pencernaan manusia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 216-224.

Fadzil, H. M. (2018). Designing infographics for the educational technology course: perspectives of pre-service science teachers. Journal of Baltic Science Education, 17(1), 8-18.

Gebre, E. H., & Polman, J. L. (2016). Developing young adults' representational competence through infographic-based science news reporting. International Journal of Science Education, 38(18), 2667-2687.

Hikmah, A. S., & Hayudinna, H. G. (2022). Efektivitas penggunaan media infografis dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(2), 181-195.

Kalaf-Hughes, N. (2022). Promoting information literacy and visual literacy skills in undergraduate students using infographics. PS: Political Science & Politics, 1-7.

Leggette, H. R. (2020). Visualizing the analysis: Using infographics to strengthen critical thinking skills. Communication Teacher, 34(4), 333-339.

Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran infografis untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37-48.

Muliani, D. E. (2021). Validity and practicality of infographic teaching media in the basic science concepts course. Prosiding CELSciTech, 5, 13-19.

Naparin, H., & Saad, A. B. (2017). Infographics in education: Review on infographics design. The International Journal of Multimedia & Its Applications (IJMA), 9(4), 15-24.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala Dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128-137.

Putra, I. (2021). Media pembelajaran biologi berbentuk infografis tentang materi sistem imun pada manusia untuk peserta didik SMA/MA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3).

Putra, M. A., Erman, E., & Susiyawati, E. (2022). Students perception of augmented reality learning media on solar system topics. Jurnal Pijar Mipa, 17(5), 581-587.

Rudi, A., & Iskandar, A. (2022). Development of teaching methods using infographic media and comic life practice towards students learning interests. Ceddi Journal of Education, 1(1), 1-5.

Salsabilla, T. D., Yuliati, Y., & Cahyaningsih, U. (2021, October). Studi literatur: penggunaan media visual infografis dalam meningkatkan minat belajar IPS siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 276-282).

Syaifudin, M. (2021). Penugasan Infografis sebagai upaya memupuk keterampilan 4c pebelajar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(3), 233-328.

Ozdamli, F., Kocakoyun, S., Sahin, T., & Akdag, S. (2016). Statistical reasoning of impact of infographics on education. Procedia Computer Science, 102, 370-377.

Traboco, L., Pandian, H., Nikiphorou, E., & Gupta, L. (2022). Designing infographics: Visual representations for enhancing education, communication, and scientific research. Journal of Korean medical science, 37(27), 1-7.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles