Implementasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII SMP Negeri 1 Talawaan

Authors

  • Jovialine A. Rungkat Universitas Negeri Manado
  • Milan K. Rogahang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.6729

Keywords:

STAD, hasil belajar siswa

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Talawaan pada materi sistem pencernaan manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach) dengan mengikuti 4 tahapan penelitian yakni perencanaan, pelaksnaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan soal tes hasil belajar. Subjek penelitian berjumlah 20 orang siwa yang terdiri atas 11 laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dan sikap siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 55% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.  

References

Agrin, G. S., Arifuddin, M., & Miriam, S. (2018). Meningkatkan hasil belajar ipa fisika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (stad). Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol, 2(2), 86-97.

Anwar, Y., Ananda, A., Montessori, M., & Khairani, K. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad dengan pendekatan savi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ppkn. Jurnal Basicedu, 6(4), 7433-7445.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Berlyana, M. D. P., & Purwaningsih, Y. (2019). Experimentation of stad and jigsaw learning models on learning achievements in terms of learning motivation. International Journal of Educational Research Review, 4(4), 517-524.

Ege, B., & Nuryadin, R. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (stad) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas viii sekolah menengah pertama negeri 5 nanga kayan. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-7.

Firdaus, M. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (stad) terhadap hasil belajar siswa smp. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 5(1), 96-104.

Hidayat, E. (2015). Pengaruh kinerja mengajar guru dan pemanfaatan sumber belajar terhadap mutu sekolah dasar di kecamatan indramayu kabupaten indramayu. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hadinata, L. W., Utaya, S., & Setyosari, P. (2017). Pengaruh pembelajaran student team achievement division dan diskusi terhadap hasil belajar ipa kelas iv sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 979-985.

Hamalik, O. (2013). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Askara.

Haritsah, S. (2022). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe stad (student teams achievement devision) untuk meningkatkan hasil belajar ipa. Journal of Indonesian Teachers for Science and Technology, 1(2), 12-23.

Pryanti, W., & Nasrudin, H. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan literasi sains peserta didik melalui metode blended learning pada materi laju reaksi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 508-515.

Rofi’ah, S. I. T. I. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad (student teams-achievement divisions) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 145-153.

Suparmini, M. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67-73.

Supriyono, S. (2014). Upaya meningkatkan hasil belajar ipa melalui pembelajaran kooperatif tipe stad di smpn 239 jakarta. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(2), 224-232.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles