Pengaruh Good University Governance dan Motivasi Kerja Dosen terhadap Mutu Layanan Akademik
DOI:
https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i1.1028Keywords:
Good University Governance, motivasi, mutu layanan akademikAbstract
Abstrak — Subtansi penelitian ini adalah hendak mengetahui apakah terdapat pengaruh Good University Governance terhadap mutu layanan akademik pada Fakultas Teknik Unima, apakah terdapat pengaruh motivasi kerja dosen terhadap mutu layanan akademik pada Fakultas Teknik Unima dan apakah terdapat pengaruh Good University Governance dan motivasi kerja dosen secara bersama terhadap mutu layanan akademik pada Fakultas Teknik Unima. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan analisa kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan formula Slovin dengan metode random sampling. Populasinya adalah keseluruhan dosen Fakultas Teknik Unima dengan jumlah sampel sebanyak 57 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang terdiri dari 35 butir pernyataan pada masing-masing variabel. Analisa data menggunakan uji nomalitas data dan linieritas data untuk persyaratan data berdistribusi normal dan bersifat linier. Pengujian hipotesis digunakan analisis koefisien korelasi parsial dan analisis koefisien korelasi regresi ganda dengan uji t dan uji F hitung. Hasil penelitian menyimpulkan menolak hipotesis (Ho) dan Menerima hipotesis (H₁), yang berarti: (1) terdapat pengaruh positif Good University Governance terhadap mutu layanan akademik pada Fakultas Teknik Unima. (2) terdapat pengaruh positif motivasi kerja dosen terhadap mutu layanan akademik pada Fakultas Teknik Unima. (3) terdapat pengaruh positif Good university Governance dan motivasi kerja dosen secara bersama terhadap mutu layanan akademik pada Fakultas Teknik Unima.
References
Juniantara, I. W., & Riana, I. G. (2015). Pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan koperasi di Denpasar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 4(9), 611-628.
Kambey, Daniel. (2006). Landasan Teori Adminitrasi/ Manajemen (Sebuah Intisari), Yayasan Tri Ghanesa Nusantara -----------
Mamahit, C. E. (2019). Analisis Pengaruh Manajemen Waktu dan Motivasi Mengajar terhadap Kinerja Dosen. Jurnal Manajerial, 18(1), 1-12.
Mamahit, C. E. ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KINERJA DOSEN. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 18(1), 1-12.
Muhi. (2010). Implementasi Nilai-Nilai Good Governance di Perguruan Tinggi (Studi deskritif analitik tentang pengaruh transparansi, akuntabilitas dan responsiveness terhadap budaya akademik dan prakarsa serta dampaknya pada mutu layanan akademik di perguruan tinggi BHM http://id.scribd.com/doc/72223546/Penelitian-Agung-R-Survei-GUG YPT-Group ,1999 Manajemen, Yokjakarta, (28/6/2013).
Sallis, Edwar. (2012). dalam (http://guruidaman.blogspot.com/2012/08/manajemen-mutu-pendidikan.html).
Sarbini. (2004). Motivasi Kerja Guru. Dalam (http://pendidikan.kampungmedia.com/2015/02/11/motivasi-kerja-guru-8439).
Sardiman A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press, PT Rajagrafindo persada.
Sangarimbun, M. Sofian, A. (1995). Metode Penelitian Survei, Penerbit LP3ES, Jakarta.
Sebastian, Yudi. (2012). http://repository.uksw.edu/jspui/bitstream/123456789/2646/2/T1_232008209_ Full%20text.pdf).
Sudjana, N. (1993). Pengantar statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Thoif, M. (2018). Analisis Kebijakan UU NO. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. AT-Ta'DIB: Jurnal Kependidikan dan Keagamaan, 2(1), 170-185.
Tjiptono, F. (2005). Prinsip-Prinsip Total Quality Service,Yogyakarta : Andi.
Wahab, Abdul Azis. (2011). Sistim Penjaminan Mutu Akademik Perguruan Tinggi. www.ipdn.ac.id/upm/sistim-penjaminan-mutu-akademik- pt.
Wulandari, A. (2019). Pengaruh Penerapan Good University Governance Terhadap Kinerja Organisasi The Influence Implementation of Good University Governance on the Performances of Organization. ISEI Accounting Review, 3(2), 44-50.
Zeithamal, V. Mary, J. (2000). ServicesMarketing. Irwin.Mc. Graw-Hill.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Viverdy Memah, Herry Sumual, Jimmy Waworuntu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.