Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Instalasi Listrik Bangunan Sederhana

Authors

  • Eka Anjas Datundugon Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Nontje Sangi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Altje Wajong Teknik Listrik Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i1.1035

Keywords:

model pembelajaran, berbasis proyek, hasil belajar, instalasi listrik, bangunan sederhana

Abstract

Abstrak — Rumusan masalah penelitian adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar instalasi listrik bangunan sederhana siswa SMK Negeri 2 Bitung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik uji – t yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar instalasi listrik bangunan sederhana siswa SMK Negeri 2 Bitung. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan TITL, yang berjumlah 36 orang dan sampel penelitian yakni keseluruhan dari populasi yakni siswa kelas XI Jurusan TITL, yang berjumlah 36 orang. Kemudian sampel dibagi dalam dua kelompok, yakni kelompok eksperimen 18 siswa dan kelompok kontrol 18 siswa. Kesimpulan penelitian diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yakni t hitung = 5,063  t tabel = 2,050, sehingga hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar instalasi listrik bangunan sederhana siswa SMK Negeri 2 Bitung.

References

Ayu, I., Sastrika, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3(2).

Guo, S. 2012. Project-Based Learning : an Effective Approach to Link Teacher Professional Development and Students Learning. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 5(2), 41–56.

Mamahit, C. E. ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KINERJA DOSEN. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 18(1), 1-12.

Mamahit, C. E. PENGEMBANGAN KONVERSI ENERGI PANAS LAUT DEVELOPMENT OF OCEAN THERMAL ENERGY CONVERSION.

Mihardi, S., Harahap, M. B., & Sani, R. A. 2013. The Effect of Project Based Learning Model with KWL Worksheet on Student Creative Thinking Process in Physics Problems. Journal of Education and Practice, 4(25), 188–200.

Omidi, Maboud., dkk. (2012). Effectiveness of Assessment patterns in chemistry Learning. Life Science Journal, 9(3), 1979–1982.

Riduwan dan Sunarto. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Sudjana. (2005). Metode Statistika Edisi Ke-6. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta.

Van den Bergh, V., Mortelmans, D., Spooren, P., Van Petegem, P., Gijbels, D., & Vanthournout, G. 2006. New Assessment Modes within Project-Based Education - the Stakeholders. Studies in Educational Evaluation, 32(4), 345–368.

Warsono dan Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur: Bumi Aksara

Downloads

Published

2021-04-05 — Updated on 2021-04-05

How to Cite

Datundugon, E. A., Sangi, N., & Wajong, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Instalasi Listrik Bangunan Sederhana. JURNAL EDUNITRO Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 25-30. https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i1.1035

Issue

Section

Articles