Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Instalasi Listrik Bangunan Sederhana
Main Article Content
Abstract
Abstrak < strong> Rumusan masalah penelitian adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar instalasi listrik bangunan sederhana siswa SMK Negeri 2 Bitung Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik uji t yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar instalasi listrik bangunan sederhana siswa SMK Negeri 2 Bitung Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan TITL yang berjumlah 36 orang dan sampel penelitian yakni keseluruhan dari populasi yakni siswa kelas XI Jurusan TITL yang berjumlah 36 orang Kemudian sampel dibagi dalam dua kelompok yakni kelompok eksperimen 18 siswa dan kelompok kontrol 18 siswa Kesimpulan penelitian diperoleh t hitung< sub> lebih besar dari t tabel< sub> yakni t hitung< sub> = 5 063 t tabel< sub> = 2 050 sehingga hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar instalasi listrik bangunan sederhana siswa SMK Negeri 2 Bitung < p>
Downloads
Article Details
Section
How to Cite
References
Ayu I Sastrika dkk 2013 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis E Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA 3 2
Guo S 2012 Project Based Learning : an Effective Approach to Link Teacher Professional Development and Students Learning Journal of Educational Technology Development and Exchange 5 2 41 56
Mamahit C E ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KINERJA DOSEN Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi 18 1 1 12
Mamahit C E PENGEMBANGAN KONVERSI ENERGI PANAS LAUT DEVELOPMENT OF OCEAN THERMAL ENERGY CONVERSION
Mihardi S Harahap M B Sani R A 2013 The Effect of Project Based Learning Model with KWL Worksheet on Student Creative Thinking Process in Physics Problems Journal of Education and Practice 4 25 188 200
Omidi Maboud dkk 2012 Effectiveness of Assessment patterns in chemistry Learning Life Science Journal 9 3 1979 1982
Riduwan dan Sunarto 2011 Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Sosial Ekonomi Komunikasi dan Bisnis Alfabeta Bandung
Sudjana 2005 Metode Statistika Edisi Ke 6 Bandung: Tarsito
Sugiyono 2011 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung Alfabeta
Van den Bergh V Mortelmans D Spooren P Van Petegem P Gijbels D Vanthournout G 2006 New Assessment Modes within Project Based Education the Stakeholders Studies in Educational Evaluation 32 4 345 368
Warsono dan Hariyanto 2012 Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Wena M 2013 Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Jakarta Timur: Bumi Aksara