Hubungan Minat dan Motivasi dengan Hasil Belajar Elektronika Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i1.1040Keywords:
minat, motivasi, hasil belajarAbstract
Abstrak — Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis Hubungan Minat Dengan Hasil Belajar Elektronika Dasar Siswa TITL SMK N 1 Tomohon. (2) Menganalisis Hubungan Motivasi Dengan Hasil Belajar Elektronika Dasar Siswa TITL SMK N 1 Tomohon. (3) Menganalisis Hubungan Minat Dan Motivasi Secara Bersama-Sama Dengan Hasil Belajar Elektronika Dasar Siswa TITL SMK N 1 Tomohon. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mendapatkan rancangan secara sistematis, faktual dan akurat. Dengan medeskripsikan hubungan-hubungan antara variabel indepeden atau bebas (X1, X2) dan variabel dependen atau terikat (Y), serta seberapa besar tingkat korelasi antara variabel-variabel berdasarkan koefisien korelasi. Berdasarkan penelitian tentang hubungan minat dan motivasii dengan hasil belajar elektronika dasar siswa TITL SMK N 1 Tomohon bahwa tingkat hubungan minat dengan hasil belajar, motivasi dengan hasil belajar, serta hubungan minat dan motivasi secara bersama-sama dengan hasil belajar yaitu mempunyai tingkat korelasi yang kuat.
References
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djaali. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.Onesearch.id
Duta, N., Panisoara, G., & Panisoara, I. O. (2015). The Effective Communication in Teaching. Diagnostic study regarding the academic learning motivation to students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 186, 1007-1012.
Hussey, T., & Smith, P. (2003). The uses of learning outcomes. Teaching in higher education, 8(3), 357-368.
Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. (2014). Academic achievement prediction: Role of interest in learning and attitude towards school. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 1(11), 73-100.
Mamahit, C. E. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH MODEL BAURAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERSEPSI MAHASISWA [THE EFFECT OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON STUDENT LEARNING OUTCOMES AND PERCEPTIONS]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 17(1), 67-83.
Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yokyakarta: Mitra cendikia. Scholar. Google.co.id
Sabri, Ahmad. (2007) Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching, Jakarta: Quantum Teaching.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press
Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Alfian Tri Putra, Benyamins Tampang, Hantje Ponto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.